Jakarta Pusat jadi Kota Dengan Kasus Aktif Corona Terbanyak di RI

Rizky Alika
13 Agustus 2020, 18:35
jakarta pusat, virus corona, zona oranye
ADI MAULANA IBRAHIM|KATADATA
Petugas menyemprotkan disinfektan di Mall Sudirman, Jakarta Pusat. Jumlah kasus aktif corona di RI hingga 9 Agustus berada di Jakarta Pusat yakni 1.213 orang.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 merilis data penanganan virus corona di daerah. Hingga 9 Agustus lalu, ada 9 kabupaten dan kota dengan kasus aktif di atas 1.000 orang.

Jakarta Pusat menjadi wilayah yang melaporkan kasus aktif corona paling banyak yakni 2.213 kasus. Di bawahnya ada Jakarta Utara dengan 1.775 kasus aktif.

Advertisement

Kota Semarang berada di peringkat tiga dengan 1.681 kasus corona yang masih dirawat. Di ranking empat adalah Kota Makassar sebanyak 1.511 kasus aktif.

"Ini terlihat bahwa daerah-daerah ini adalah daerah perkotaan dengan jumlah penduduk relatif padat," ujar Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Kantor Presiden, Kamis (13/8).

Kota Medan, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur berada di posisi lima hingga tujuh dengan kisaran 1.300 kasus. Di bawah mereka ada Kota Surabaya yakni 1.283 pasien aktif dan Jakarta Barat dengan 1.268 kasus. “Kita perlu berhati-hati mengingat ada kabupaten dan kota dengan kasus aktif di atas 1.000,” kata Wiku.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement