Kalbe Farma Targetkan Produksi 10 Juta Dosis Vaksin Corona Tahun Depan

Image title
13 Agustus 2020, 20:33
kalbe farma, vaksin corona, virus corona
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Ilustrasi vaksin. Kalbe Farma menargetkan bisa memulai produksi 10 juta dosis vaksin virus corona tahun 2021.

Emiten farmasi PT Kalbe Farma Tbk menggandeng perusahaan bioteknologi asal Korea Selatan Genexine Inc untuk memproduksi vaksin virus corona. Namun mereka menargetkan untuk awalnya hanya memproduksi vaksin corona dengan skala kecil.

Presiden Direktur Kalbe Farma Vidjongtius mengatakan perseroan akan memproduksi vaksin maksimal hingga 10 juta dosis. Jumlah ini masih tergantung dari proses hasil uji klinis.

Advertisement

Kalbe Farma menargetkan pada pertengahan tahun depan vaksin sudah bisa didistribusikan kepada masyarakat. “Bisa mulai kapasitas kecil 2-3 juta sampai 10 juta,” katanya kepada Katadata.co.id, Kamis (13/8).

Dia menjelaskan saat ini kandidat vaksin kolaborasi Kalbe Farma dengan Genexine Inc itu sedang memasuki tahap uji klinis fase satu yang dilakukan di Korea Selatan. Sedangkan fase kedua direncanakan dilaksanakan di Indonesia dan ditargetkan dapat berlangsung pada kuartal IV tahun ini.

“Untuk fase 2, Kalbe sedang koordinasi dengan BPOM, Kementerian kesehatan, Kemenristek, dan berbagai lembaga dalam konsorsium uji klinis,” ujarnya.

Terkait harga, Vidjongtius mengatakan hal tersebut masih sangat bervariasi tergantung dari perubahan kapasitas produksi dan nilai investasi. Namun ia berharap masyarakat tak perlu merogoh kocek dalam untuk mendapatkan vaksin. “Kami berharap harganya tidak melewati US$10 per dosis, tapi semua masih bisa berubah,“ katanya.

Halaman:
Reporter: Muchammad Egi Fadliansyah
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement