Doni Monardo Susul Ridwan Kamil Daftar Jadi Relawan Uji Vaksin Corona

Rizky Alika
13 Agustus 2020, 19:41
doni monardo, virus corona, vaksin corona
Katadata
Kepala BNPB Doni Monardo dalam acara webinar katadata Ancaman Kebakaran Hutan di Tengah Pandemi, Kamis (13/8). Doni telah mendaftar untuk menjadi relawan vaksin virus corona.

Jumlah pejabat yang akan menjadi relawan uji vaksin virus corona bertambah. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo telah mendaftar untuk mengikuti pengujian vaksin Covid-19.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memastikan keberadaan vaksin di tengah masyarakat. Sedangkan uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech Ltd telah dimulai pekan ini di Bandung.

Advertisement

"Ini bentuk komitmen pemerintah mendukung untuk memberikan perlindungan maskimal kepada seluruh masyarakat Indonesia melalui program vaksinasi," ujar Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (13/8).

Adapun pengembangan vaksin menggandeng kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara di bidang farmasi, PT Bio Farma (Persero). Setelah terbukti efektif menyembuhkan pasien, nantinya vaksin ini akan diproduksi massal untuk penanganan wabah.

Sebelum Doni, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga telah mengajukan diri untuk mengikuti uji coba vaksin. Uji klinis juga melibatkan 20 dokter spesialis dan 30 dokter umum.

Ridwan mengatakan inisiatif ini diharapkan menjadi contoh dan menambah keyakinan masyarakat bahwa uji vaksin berjalan dengan lancar. “Kalau pimpinannya melakukan, rakyatnya juga akan meyakini proses itu,” ujar dia pekan lalu.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement