Doni Monardo Susul Ridwan Kamil Daftar Jadi Relawan Uji Vaksin Corona

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memastikan keberadaan vaksin di tengah masyarakat.
Image title
Oleh Rizky Alika
13 Agustus 2020, 19:41
doni monardo, virus corona, vaksin corona
Katadata
Kepala BNPB Doni Monardo dalam acara webinar katadata Ancaman Kebakaran Hutan di Tengah Pandemi, Kamis (13/8). Doni telah mendaftar untuk menjadi relawan vaksin virus corona.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Jumlah pejabat yang akan menjadi relawan uji vaksin virus corona bertambah. Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo telah mendaftar untuk mengikuti pengujian vaksin Covid-19.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memastikan keberadaan vaksin di tengah masyarakat. Sedangkan uji klinis fase tiga vaksin Covid-19 yang dikembangkan oleh Sinovac Biotech Ltd telah dimulai pekan ini di Bandung.

"Ini bentuk komitmen pemerintah mendukung untuk memberikan perlindungan maskimal kepada seluruh masyarakat Indonesia melalui program vaksinasi," ujar Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers virtual dari Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (13/8).

Adapun pengembangan vaksin menggandeng kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara di bidang farmasi, PT Bio Farma (Persero). Setelah terbukti efektif menyembuhkan pasien, nantinya vaksin ini akan diproduksi massal untuk penanganan wabah.

Sebelum Doni, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga telah mengajukan diri untuk mengikuti uji coba vaksin. Uji klinis juga melibatkan 20 dokter spesialis dan 30 dokter umum.

Ridwan mengatakan inisiatif ini diharapkan menjadi contoh dan menambah keyakinan masyarakat bahwa uji vaksin berjalan dengan lancar. “Kalau pimpinannya melakukan, rakyatnya juga akan meyakini proses itu,” ujar dia pekan lalu.

Sedangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) meyakini vaksin virus corona akan dapat diberikan kepada seluruh masyarakat di Indonesia awal 2021. Uji klinis tahap tiga vaksin corona ini rencananya berlangsung selama enam bulan.

“Kami harap nanti bulan Januari sudah bisa memproduksi dan sekaligus langsung diberikan vaksinasinya kepada seluruh masyarakat di Tanah Air,” kata Jokowi di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran, Jawa Barat, Selasa (11/8).

Sebelumnya, Ketua Tim Riset uji Klinis Vaksin Covid-19 Sinovac Prof. Kusnadi Ramli mengatakan uji vaksin hanya akan diikuti 20 sampai 25 relawan di tiap tempat per hari. Sedangkan selain RS Unpad, lima lokasi lainnya adalah Balai Kesehatan Unpad di Jl. Dipatiukur, Puskesmas Sukapakir, Puskesmas Garuda, Puskesmas Dago, dan Puskesmas Ciumbuleuit.

 

Reporter: Rizky Alika

Katadata bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 2005 2020 55). Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik di sini untuk info lebih lengkapnya.

Video Pilihan

Artikel Terkait