Rute Pesawat Amfibi Akan Dikembangkan untuk Bangkitkan Pariwisata

Pemerintah juga akan mempercepat pembangunan fasilitas infrastruktur di kawasan Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang Manado.
Image title
Oleh Tri Kurnia Yunianto
14 Agustus 2020, 20:41
pesawat amfibi, pariwisata, luhut pandjaitan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di Kantor BPK, Jakarta, Senin (6/1/2020). Luhut (14/8) mengatakan pemerintah akan mengembangkan rute pesawat amfibi untuk meningkatkan akses pariwisata.

Pemerintah bakal mengembangkan fasilitas sea plane atau pesawat amfibi pada lokasi-lokasi wisata yang ada di Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata khususnya wisata bahari yang terpukul pandemi virus corona.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ketersediaan transportasi udara erat kaitannya dengan meningkatnya jumlah turis ke objek wisata. Beberapa lokasi potensial adalah Labuan Bajo, Raja Ampat, hingga Danau Toba.

Pesawat amfibi merupakan moda angkutan udara yang mampu mendarat dan lepas landas dari permukaan air. Luhut mengatakan transportasi ini cocok untuk mengakses destinasi wisata selam.

“Kami melihat turis itu salah satu yang penting kontribusinya pada ekonomi kita,” kata Luhut dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (14/8).

Dia menjelaskan, selain pembangunan fasilitas pesawat amfibi, pemerintah juga akan mempercepat pembangunan fasilitas infrastruktur pada lima lokasi wisata prioritas. Kelimanya adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang Manado.

"Presiden sudah perintahkan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan stimulus untuk paket lokal konten," kata Luhut.

Pemerintah juga akan menambah anggaran untuk mengembangkan infrastruktur ke lokasi wisata. "Tahun depan akan ditambahkan lebih dari Rp 14 triliun untuk infrastrukturnya dan spot-spot turis," kata dia.

Di kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pihaknya akan terus membangun bandara di wilayah-wilayah terpencil yang sulit diakses melalui jalur laut maupun darat.

"Kehadiran transportasi udara bisa menjadi solusi untuk daerah terisolasi karena masyarakat di wilayah tersebut bisa terhubung secara ekonomi, sosial dan budaya," kata dia.

 

Reporter: Tri Kurnia Yunianto

Video Pilihan

Artikel Terkait