Rute Pesawat Amfibi Akan Dikembangkan untuk Bangkitkan Pariwisata

Image title
14 Agustus 2020, 20:41
pesawat amfibi, pariwisata, luhut pandjaitan
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan di Kantor BPK, Jakarta, Senin (6/1/2020). Luhut (14/8) mengatakan pemerintah akan mengembangkan rute pesawat amfibi untuk meningkatkan akses pariwisata.

Pemerintah bakal mengembangkan fasilitas sea plane atau pesawat amfibi pada lokasi-lokasi wisata yang ada di Indonesia. Upaya ini dilakukan untuk mempercepat pemulihan industri pariwisata khususnya wisata bahari yang terpukul pandemi virus corona.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan ketersediaan transportasi udara erat kaitannya dengan meningkatnya jumlah turis ke objek wisata. Beberapa lokasi potensial adalah Labuan Bajo, Raja Ampat, hingga Danau Toba.

Advertisement

Pesawat amfibi merupakan moda angkutan udara yang mampu mendarat dan lepas landas dari permukaan air. Luhut mengatakan transportasi ini cocok untuk mengakses destinasi wisata selam.

“Kami melihat turis itu salah satu yang penting kontribusinya pada ekonomi kita,” kata Luhut dalam diskusi daring di Jakarta, Jumat (14/8).

Dia menjelaskan, selain pembangunan fasilitas pesawat amfibi, pemerintah juga akan mempercepat pembangunan fasilitas infrastruktur pada lima lokasi wisata prioritas. Kelimanya adalah Danau Toba, Borobudur, Mandalika, Labuan Bajo dan Likupang Manado.

"Presiden sudah perintahkan penggunaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan stimulus untuk paket lokal konten," kata Luhut.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement