Sempat Menguat Usai Pernyataan OPEC, Harga Minyak Dunia Merosot

Image title
18 Agustus 2020, 09:14
harga minyak, OPEC, migas
ANTARA FOTO/Moch Asim
Ilustrasi kilang minyak di Tuban, Jawa Timur, Sabtu (21/12/2019). Harga minyak mentah dunia kembali melemah pada perdagangan Selasa (18/8) WIB.

Harga minyak mentah dunia menurun pada perdagangan Selasa (18/8) WIB. Padahal harga sempat membaik setelah negara produsen minyak dunia dan sekutunya (OPEC+) menyatakan hampir seluruh anggota telah mematuhi pemangkasan produksi karena dampak virus corona.

Mengutip Bloomberg pada hari ini pukul 08.00 WIB, harga minyak Brent untuk kontrak pengiriman Oktober 2020 turun 0,15% menjadi US$ 45,3 per barel. Sedangkan harga minyak jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman September 2020 anjlok 0,21 persen menjadi US$ 42,80 per barel.

“Produsen tidak dapat membiarkan harga merosot terlalu jauh karena ekonomi anggota sangat bergantung pendapatan yang dihasilkan ekspor,” demikian catatan Eurasia Group dilansir dari Reuters, Selasa (18/8).

 Pada Agustus, OPEC + mengurangi pemotongan produksi dari 9,7 juta menjadi 7,7 juta barel per hari (bph). Kontrak berjangka Brent menunjukkan persediaan tetap tinggi dalam beberapa bulan mendatang karena melemahnya permintaan.

Sedangkan pekan lalu, Energy Information Administration (EIA) AS menurunkan proyeksi permintaan minyak global dampak kondisi dunia saat ini.

Sebelumnya Presiden AS Donald Trump mengatakan Tiongkok memenuhi kesepakatan perdagangan yang ditandatangani kedua pihak pada bulan Januari. Meski begitu, Beijing sejauh ini gagal memenuhi janji pembelian produk AS.

Perusahaan minyak milik Tiongkok secara tentatif telah memesan kapal tanker untuk mengangkut setidaknya 20 juta barel minyak mentah AS untuk Agustus dan September.

Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...