Potensi Pasar Besar, Pemerintah Akan Kembangkan Wisata Medis

Image title
19 Agustus 2020, 07:15
rumah sakit, kesehatan, wisata medis
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Suasana Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso, Jakarta Utara, Senin (3/3/2020). Pemerintah akan mengembangkan wisata medis lantaran potensi pasarnya besar.

Pemerintah berencana membangun wisata medis atau medical tourism di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memperkuat kemandirian bangsa dalam penanganan penyakit serta mempertimbangkan besarnya potensi pasar yang dimiliki pada industri kesehatan.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi mengatakan dari data PricewaterhouseCoopers (PwC), pada 2015 sebanyak 600 ribu Warga Negara Indonesia (WNI) memilih berobat ke luar negeri. Sedangkan negara lain semodel Thailand, Singapura, dan Malaysia bisa memanfaatkan peluang ini dengan menggarap wisata kesehatan.

Advertisement

Adanya sektor wisata kesehatan mendatangkan keuntungan sebesar US$ 4,3 miliar atau setara Rp 63 triliun bagi Thailand, dan sekitar US$ 3,5 miliar atau Rp 51,7 triliun bagi Singapura. Bahkan, jumlah pasien dari luar negeri di Thailand mencapai 2,5 juta pasien dan 850 ribu orang di Singapura. 

"Beberapa negara di Asia seperti Thailand, Singapura, India, Malaysia, dan Korea Selatan juga sedang mengembangkan wisata medis," kata  melalui siaran pers yang diterima Katadata.co.id, Selasa (18/8).

 Sedangkan rata-rata masyarakat RI mengeluarkan US$ 11,5 miliar atau setara 169,8 triliun per tahun untuk menjalani pengobatan di negara lain.  Umumnya mereka melakukan berobat ke negara-negara dengan yang memiliki keahlian khusus dalam menangani penyakit.

Banyaknya pasien yang memilih berobat di luar negeri disebabkan oleh kurangnya mutu pelayanan dan pengawasan kesehatan di dalam negeri. Selain itu, ketepatan diagnosis, canggihnya teknologi, serta reputasi rumah sakit menjadi pertimbangan masyarakat Indonesia untuk berobat ke negara lain.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement