UEA Akan Kirim 10 Juta Vaksin Virus Corona ke Indonesia Tahun Ini

Ameidyo Daud Nasution
23 Agustus 2020, 09:29
virus corona, vaksin corona, covid-19
Katadata
Menteri Luar Negeri Retno P Mrasudi dan Menteri BUMN Erick Thohir di Abu Dhabi, UEA, Sabtu (22/8). Keduanya menggelar pertemuan tiga klaster untuk membahas pengembangan vaksin corona hingga investasi di bidang energi dan pertanian.

Berbagai langkah penyediaan vaksin virus corona dilakukan Indonesia dengan negara lain. Paling baru, perusahaan teknologi berbasis kesehatan asal Uni Emirat Arab yakni G42 akan menyediakan 10 juta vaksin Covid-19 pada kuartal III 2020.

Hal tersebut dikatakan Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi saat konferensi pers virtual bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir dari Abu Dhabi, UEA, Sabtu (22/8). Mereka tengah melakukan kunjungan kerja ke UEA untuk membahas kerja sama di bidang kesehatan, energi, dan pangan.

Saat ini G42 sedang bekerja sama dengan perusahaan farmasi asal Tiongkok yakni Sinopharm untuk menggelar uji coba fase ketiga vaksin corona. Kerja sama juga dilakukan dengan PT Kimia Farma Tbk untuk pengembangan serum anti Covid-19.

“Akan ada pembicaraan lanjutan antara Kimia Farma dan G42 terkait komitmen tersebut,” kata Retno, Sabtu (22/8).

Kerja sama lainnya dilakukan G42 dengan PT  Indofarma Tbk guna menyediakan alat tes berbasis teknologi laser untuk membantu deteksi pasien virus corona. Retno mengatakan tim dari G42 juga akan datang ke RI guna meninjau kondisi lapangan. “Teknologi ini bisa membantu tracing cepat,” kata Retno.

Pembicaraan ini merupakan bagian dari klaster kedua pertemuan Pemerintah RI dengan UAE. Pada klaster pertemuan pertama, Retno dan Erick bertemu dengan Menlu UEA Sheikh Abdullah bin Zayed al Nahyan untuk membahas kerja sama terkait penanganan Covid-19. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...