Penuhi Kebutuhan Listrik Industri, AKR Bangun PLTG 515 MW di Gresik

Image title
27 Agustus 2020, 17:51
industri, pembangkit listrik, AKR Corporindo
PLN
Ilustrasi pembangkit listrik. PT AKR Corporindo akan membangun pembangkit listrik 515 megawatt di JIIPE Gresik, Jawa Timur.

PT AKR Corporindo Tbk akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 515 megawatt (MW) di Gresik, Jawa Timur. PLTG tersebut akan memenuhi kebutuhan kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) Gresik.

Direktur AKR Suresh Vembu menjelaskan saat ini pihaknya telah mengoperasikan PLTG dengan kapasitas sebesar 23 MW. Namun, melihat potensi peningkatan industri dan smelter di JIIPE, mereka bakal menambah kapasitas pembangkit hingga mencapai 515 MW.

"JIIPE sudah punya izin untuk 515 mw power plant dan kami ada rencana untuk bangun pembangkit beberapa tahap ya," ujar dia dalam Public Expose virtual 2020, Kamis (27/8).

Selain beberapa industri manufaktur, PLTG milik AKR juga akan memenuhi kebutuhan listrik smelter PT Freeport Indonesia di kawasan JIIPE. Namun Suresh tak mengatakan berapa dana yang diperlukan untuk meningkatkan kapasitas pembangkit ini. "Semua customer, kami siap untuk supply sesuai dengan permintaan," ujarnya.

Selain proyek pembangkit, AKR juga menargetkan proyek penambahan kapasitas tangki Bahan Bakar Minyak atau Jakarta Tank Terminal Fase 2A di Tanjung Priok rampung semester II 2020. Adapun proyek ini dikerjakan oleh perusahaan patungan AKR dan Royal Vopak yakni PT Jakarta Tank Terminal.

Suresh menjelaskan proyek ini bakal menambah kapasitas penyimpanan BBM sebesar 100 ribu kilo liter (KL) dari awalnya hanya 250 ribu KL. "Ini untuk support supply gasoline ke semua customer yang kami punya," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...