Corona Tak Melandai dalam Empat Pekan, Satgas Awasi 10 Zona Merah

Tiga dari 10 zona merah yang menjadi sorotan pemerintah berada di Provinsi DKI Jakarta. Satgas Covid-19 meminta pemda lebih baik lagi dalam menangani Covid-19.
Dimas Jarot Bayu
27 Agustus 2020, 18:58
Petugas menyemprotkan disinfektan di Mall Sudirman, Jakarta Pusat.
ADI MAULANA IBRAHIM|KATADATA
Petugas menyemprotkan disinfektan di Mall Sudirman, Jakarta Pusat. Jakarta Pusat merupakan satu dari 10 zona merah dengan kasus corona yang belum melandai dalam sebulan.

Penularan virus corona di beberapa daerah belum juga melandai. Bahkan 10 kabupaten dan kotamadya masih berada dalam kategori zona merah atau berisiko tinggi selama empat pekan terakhir.

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, tiga dari 10 daerah tersebut berada di Jakarta yakni Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara. Menurut Wiku, kasus corona di ketiga wilayah tersebut terus meningkat setiap harinya. 

Dia juga menjelaskan kasus kematian di Jakarta juga terus bertambah hingga 116 orang selama sepekan terakhir. "Namun tingkat kesembuhannya juga meningkat menjadi 75%," ujar Wiku di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (27/8).

Kota Gorontalo juga tercatat berada di zona merah dalam empat pekan terakhir. Namun penambahan kasus positif di kota tersebut sudah turun 41,3% dari puncak kurva corona. 

Advertisement

Namun menurutnya hal tersebut masih kurang dan ditekan hingga 50% dari puncak kurvanya. Adapun, kasus kematian akibat corona di Kota Gorontalo masih tinggi hingga saat ini. 

Wiku meminta agar Pemerintah Kota Gorontalo bisa melakukan penanganan kasus corona lebih baik. "Jadi penanganan di rumah sakit perlu menjadi perhatian," kata Wiku. 

Hulu Sungai Tengah di Kalimantan Selatan juga telah berada di zona merah dalam empat pekan terakhir. Hanya saja, Wiku menyebut kondisi daerah tersebut saat ini sudah mendekati zona oranye. 

Karena itu, dia meminta agar ketersediaan fasilitas kesehatan di Hulu Sungai Tengah bisa ditingkatkan. "Dengan demikian, harapannya Hulu Sungai Tengah bisa berubah menjadi zona yang lebih baik," kata Wiku.


Kota Ambon, Maluku juga masuk ke dalam zona merah selama empat pekan terakhir. Wiku mengatakan, jumlah kasus corona di Ambon baru berkurang 5,6% dari puncak kurva pada pekan lalu.

Kasus kematian akibat corona di Ambon masih dalam fase puncak. Sementara, tingkat kesembuhan pasien di Ambon sudah mencapai 56%. "Jadi kalau didorong angka kesembuhannya, seharusnya kondisinya bisa lebih baik," kata dia.

Di Sumatera Utara, ada dua kabupaten/kota yang masuk zona merah dalam empat pekan terakhir yakni Medan dan Deli Serdang. Di Medan, kasus kematian dan suspek dalam perawatan masih dalam fase puncak. 

Sedangkan rasio pasien dalam perawatan di Medan baru turun 13,9% dari puncak kurva. Adapun persentase kesembuhan baru mencapai 54%.



Di Deli Serdang, kasus kematian, kasus positif, dan kasus suspek dalam perawatan masih dalam fase puncak. Sementara, angka kesembuhannya baru mencapai 58%. "Ini juga masih bisa ditingkatkan," kata dia.

Di Kalimantan Timur, Kota Balikpapan berada di zona merah dalam empat pekan terakhir dan masih berada dalam fase puncak. Sementara, penambahan kasus suspek baru turun 32% dari puncak kurva. 

Wiku mengatakan penambahan kasus positif dan kasus kematian di Sidoarjo masih berada dalam fase puncak. "Kasus suspek dalam perawatan baru turun 4% dari fase puncak," kata dia.

Adapun, Wiku menyebut jumlah kabupaten/kota yang masuk zona merah hingga hari ini mencapai 32 wilayah. Sebanyak 222 kabupaten/kota berada di zona oranye dan 189 masuk zona kuning. Sedangkan 41 kabupaten/kota sudah dikategorikan sebagai zona hijau.

 

Reporter: Dimas Jarot Bayu
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait