Apkasindo Gandeng ExxonMobil untuk Serap CPO dari Petani Sawit

Rizky Alika
28 Agustus 2020, 21:18
sawit, exxonmobil, CPO
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/NZ.
Petani memetik tandan buah segar (TBS) kelapa sawit di Desa Pasi Kumbang, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat, Aceh, Kamis (11/6/2020). Petani sawit gandeng ExxonMobil untuk menyerap CPO.

Berbagai cara dilakukan petani sawit untuk meningkatkan serapan minyak sawit (CPO). Salah satu caranya adalah menggandeng perusahaan migas yakni ExxonMobil untuk menyerap tandan buah segar (TBS) dari petani.

Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) mengatakan Exxon akan mengolah TBS serta memilah CPO dan cangkangnya. Pengolahan akan dilakukan di lokasi petani memanen buah.

"ExxonMobil akan bangun jejaring dengan petani kami di seluruh Indonesia untuk mengambil brondolan tandan buah segar (TBS)," kata Ketua Umum DPP Apkasindo Gulat Manurung dalam webinar, Jumat (28/8).

Exxon dalam hal ini berpengalaman memproduksi dan memasarkan olefin, aromatik, polietilen, dan plastik polipropilen dan berbagai produk khusus.  Sementara itu, limbah dari TBS tersebut akan diberikan kepada petani dan dapat diolah kembali.

Gulat mengatakan, brondolan tandan tersebut dipilih lataran memiliki rendemen yang cukup tinggi. Sedangkan kemitraan dilakukan secara dua arah sehingga rantai pasok dapat berkelanjutan.

 Dia berharap dengan langkah ini akan ada peningkatan nilai tambah petani, pemberdayaan masyarakat dan usaha kecil, hingga memperluas tenaga kerja. "Kami apresiasi ExxonMobil," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...