Gunakan Protokol Corona, BPS Mulai Sensus Penduduk Tatap Muka Besok

Agatha Olivia Victoria
31 Agustus 2020, 19:02
virus corona, BPS, sensus penduduk
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Seorang perempuan melintas di depan tulisan "Sensus Penduduk 2020" di Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Jakarta, Senin (17/2/2020). BPS akan memulai tahap kedua sensus penduduk yakni pendataan lapangan mulai Selasa (1/9).

Badan Pusat Statistik (BPS) memulai pendataan lapangan sensus penduduk 2020 pada Selasa (1/9) besok. Tahap kedua ini merupakan kelanjutan fase pertama pencatatan populasi RI secara online pada 15 Februari sampai 29 Mei 2020 lalu.

Kepala BPS Suhariyanto mengatakan sensus akan berlangsung sepanjang September mendatang. Survei akan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat demi mencegah penularan Covid-19.

Dia menjelaskan ada dua tujuan sensus penduduk 2020. Pertama, menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karaketristik penduduk Indonesia. Kedua, menyediakan parameter demografi serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk.

"Tidak hanya penting untuk membuat perencanaan di masa kini tetapi juga mengantisipasi apa yang terjadi di masa depan," kata Suhariyanto dalam acara Kick Off Sensus Penduduk September 2020, Senin (31/8).

Pada tahap sensus penduduk online, terkumpul data 51,4 juta jiwa penduduk atau setara 2 kali lipat penduduk Australia. Suhariyanto mengatakan meski menggembirakan, partisipasi tersebut baru setara 19% dari total penduduk Indonesia.  Bagi masyarakat yang belum mencatatkan dirinya melalui sensus online akan didata pada tahap sensus penduduk September. 

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...