Jokowi Targetkan Vaksin Merah Putih Akan Diproduksi Pertengahan 2021

Rizky Alika
1 September 2020, 12:35
jokoiw, virus corona, vaksin corona
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Presiden Joko Widodo di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020). Presiden mengatakan vaksin corona buatan RI akan diproduksi pertengahan tahun depan.

Presiden Joko Widodo menargetkan uji klinis vaksin virus corona Merah Putih buatan Indonesia bisa dilakukan pada awal 2021. Sedangkan vaksin tersebut siap diproduksi pertengahan tahun depan.

Vaksin tersebut tengah dikembangkan oleh konsorsium Lembaga Biologi Molekular (LBM) Eijkman bersama PT Bio Farma (Persero).  Sejumlah perguruan tinggi dan instansi lainnya juga terlibat dalam pengembangan antivirus ini.

"Vaksin Merah Putih ini prosesnya sudah 30-40% dan direncanakan dapat uji klinis awal tahun depan," kata Jokowi dalam rapat terbatas Pengarahan Presiden RI Kepada Para Gubernur di Istana Bogor, Selasa (1/9).

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan Indonesia sudah mengantongi komitmen pengadaan vaksin sebanyak 290 juta sampai akhir 2021. Sedangkan hingga akhir 2020, pemerintah sudah mendapatkan komitmen pengadaan sebanyak 20 juta-30 juta vaksin.

Sebelum vaksinasi massal dilakukan, ia meminta para gubernur untuk menerapkan kebijakan dengan gas dan rem yang seimbang. Sebab, situasi ketidakpastian dapat terus berlanjut bila kasus positf atau angka kematian akibat Covid-19 tidak berhasil ditekan.

"Jangan membuat masyarakat diliputi rasa tidak aman dan akan menyebabkan dunia usaha tidak mau bergerak," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...