Dilema Ridwan Kamil Antara Kesehatan & Ekonomi dalam Tangani Corona

Dimas Jarot Bayu
3 September 2020, 17:11
ridwan kamil, jawa barat, virus corona
ANTARA FOTO/Novrian Arbi/ama.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) di Gedung Sate, Bandung, Jawa Barat, Rabu (18/3/2020). Ridwan (3/9) mengaku sulit menyeimbangkan aspek kesehatan dan ekonomi dalam menangani dampak corona.

Kesulitan menyeimbangkan penanganan kesehatan dan ekonomi dalam mengatasi dampak Covid-19 tak hanya dialami pemerintah pusat. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan dirinya juga sulit menjaga penanganan kedua aspek tersebut.

Pasalnya, penanganan pandemi corona tak bisa hanya dilihat dari aspek kesehatan namun juga ekonomi. Dia mengatakan penguatan kesehatan dalam penanganan pandemi corona dapat berdampak signifikan terhadap perekonomian.

Namun jika pereekonomian dilonggarkan sedikit saja, maka laju kasus corona menjadi fluktuatif. “Bagaimana porsi penanganan kesehatan dan ekonomi memang tidak sederhana,” kata Emil dalam rekaman video yang disiarkan di webinar Katadata.co.id bertajuk '6 Bulan Covid-19 di Indonesia, Kapan Berakhirnya?' pada Kamis (3/9).

Atas dasar itu, Emil menilai pengambilan keputusan dalam penanganan pandemi corona harus hati-hati. Menurutnya, kebijakan yang diambil harus bisa menyeimbangkan aspek kesehatan dan ekonomi dengan mempertimbangkan data yang ada.

Dia pun mengklaim Pemerintah Provinsi Jawa Barat transparan dan tidak menyimpan rahasia mengenai data-data penanganan corona.  “Karena bagi kami, Covid-19 ini bukan sebuah ajang politik, ajang pencitraan. Ini benar-benar ujian, sebuah sistem yang tidak semua bisa lulus,” kata Emil.

Pemprov Jawa Barat juga membuat manajemen penanganan corona yang lebih sederhana mengingat dinamika kasus bisa berubah setiap harinya. Harapannya, orang-orang yang turun langsung ke lapangan lebih memahami persoalan pandemi corona.

“Maka Jawa Barat dalam praktiknya mencoba berinisiatif, tapi sambil tetap berharmoni dengan kebijakan pemerintah pusat,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...