Ridwan Kamil Minta Penanganan Corona di Jabodetabek dalam Satu Atap

Dimas Jarot Bayu
4 September 2020, 13:17
jabodetabek, virus corona, ridwan kamil
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Makodam III Siliwangi, Bandung, Jawa Barat, Senin (22/6/2020). Ridwan Kamil berharap kebijakan penanganan corona di Jabodetabek berada dalam satu manajemen.

Ridwan Kamil mendapatkan sebuah pelajaran dari penanganan virus corona saat ini. Gubernur Jawa Barat tersebut berharap pandemi Covid-19 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi dapat ditangani oleh satu pemangku kebijakan.

Hal ini perlu dilakukan agar penanganan corona di Jabodetabek semakin tepat dan cepat. “Pelajarannya, kalau ada pandemi lagi, Jabodetabek itu harus satu manajemen,” kata pria yang akrab disapa Kang Emil dalam wawancara khusus kepada Katadata.co.id, Jumat (4/9).

Emil mengatakan penanganan pandemi corona di Jabodetabek diurus oleh empat pengambil keputusan. Untuk wilayah Jakarta, pengambilan keputusan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi DKI.

Untuk wilayah Bekasi, Depok, dan Bogor, pengambilan keputusan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Di wilayah Tangerang, pengambilan keputusan dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Banten. “Serta satu lagi adalah pemerintah pusat karena (Jakarta) sebagai pusat Ibu Kota,” kata Emil.

Dengan adanya empat pengambil keputusan, Emil menilai penanganan pandemi corona di Jabodetabek cukup rumit. Risiko penularan Covid-19 di wilayah tersebut akan besar jika pemerintah tak berkoordinasi dengan baik. “Kalau enggak kompak, ya tahu sendiri (akibatnya),” kata dia.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...