WHO-Tiongkok Siap Berunding Soal Syarat Persetujuan Vaksin Corona

Ameidyo Daud Nasution
8 September 2020, 12:04
Who, tiongkok, vaksin corona
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Ilustrasi vaksin. WHO akan berkoordinasi dengan Tiongkok guna memberikan persetujuan vaksin Covid-19.

Organisasi kesehatan dunia (WHO) akan bekerja sama dengan otoritas Tiongkok dalam hal persyaratan persetujuan internasional vaksin virus corona . Hal ini seiring kemajuan pengembangan vaksin yang dilakukan Negeri Panda.

Salah satu vaksin yang sedang dikembangkan Negeri Panda adalah Corona Vac milik Sinovac. Perusahaan tersebut telah menguji kandidat serum anti Covid-19 kepada 90% pegawai dan keluarganya.

Advertisement

“Kami berkomunikasi langsung dan berbagi informasi serta persyaratan untuk persetujuan internasional vaksin." kata Asisten Direktur Jenderal WHO Mariangela Simao dilansir dari Antara, Selasa (8/9).

Sinovac pada Senin (7/9) menyatakan kandidat vaksin Covid-19 yang dibuat aman untuk orang berusia lanjut. Namun hasil dari uji coba tahap awal mereka,  kekebalan pada lansia sedikit lebih lemah ketimbang orang yang lebih muda.

Uji coba fase pertama dan kedua telah digelar Sinovac pada Mei lalu. Sedangkan pengujian fase ketiga sedang dilakukan di Brasil dan Indonesia.

Pengujian tahap terakhir ini untuk mengetahui dampak vaksin terhadap kekebalan penduduk dalam jumlah lebih besar. Di Indonesia, Sinovac menggandeng Bio Farma untuk melakukan percobaan.

Sedangkan RI akan mendapatkan 290 juta dosis vaksin virus corona pada akhir 2021. Pemerintah telah menjalin kerja sama bilateral dengan sejumlah negara dalam pengembangan vaksin.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement