Perjalanan Jakob Oetama, dari Guru hingga Nakhoda Kompas Gramedia

Ameidyo Daud Nasution
9 September 2020, 14:37
jakob oetama, kompas, obituari
Corporate Communication Kompas Gramedia
Pendiri Kompas Gramedia, Jakob Oetama (88), meninggal dunia di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (9/9/2020).

Kabar duka muncul dari dunia pers Indonesia. Pendiri Kompas Gramedia Group sekaligus Pemimpin Umum Harian Kompas Jakob Oetama meninggal pada dunia pada Rabu (9/9).

Jakob meninggal pada usia 88 tahun usai dirawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading. Rencananya ia jenazah akan disemayamkan di Kantor Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta Pusat dan akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta pada Kamis (10/9).

“Kabar duka, telah meninggal dunia pendiri Kompas Gramedia Group Jakob Oetama,” dalam pengumuman di siaran televisi Kompas TV, Rabu (9/9).

Ketua Tim Dokter RS Mitra Keluarga Kelapa Gading dr Felix Prabowo Salim mengatakan Jakob meninggal usai mengalami penurunan fungsi pada beberapa organ. Dia juga menjelaskan tes usap telah dilakukan dua kali dan hasilnya negatif.

“Kondisinya sempat membaik namun menurun, karena faktor usia akhirnya meninggal,” kata Felix dari siaran Kompas TV.

Dari keterangan Corporate Communications Kompas Gramedia, karyawan dan pengunjung yang hendak memberikan penghormatan dapat mengikuti prosesi persemayaman lewat Kompas TV. Hal ini mengingat perlunya penerapan protokol kesehatan selama pandemi.

“Terima kasih untuk tidak mengunggah foto maupun video rangkaian acara di media sosial,” demikian keterangan tertulis Kompas Gramedia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...