Penularan Tak Mereda, Satgas Waspadai 23 Zona Merah Corona

Rizky Alika
15 September 2020, 20:36
virus corona, zona merah, covid-19
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Petugas kebersihan menyemprotkan cairan disinfektan di area Pasar Asem Reges, Jakarta Barat, Selasa (21/7/2020). Satgas Penanganan Covid-19 mencatata ada 23 daerah di RI yang bertahan sebagai zona merah corona selama tiga pekan hingga 13 September.

Pemerintah menyoroti 23 kabupaten dan kotamadya yang bertahan sebagai zona merah alias risiko tinggi penularan virus corona selama tiga minggu. Hal ini menjadi peringatan bagi seluruh pihak dari tingkat pusat maupun daerah untuk memperbaiki kondisi tersebut.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemda dapat memperbaiki kondisi dengan pembatasan hingga promosi kesehatan secara massal.

“Harus ada reaksi pengendalian yang ketat agak kondisi lebih baik,” kata Wiku dalam konferensi pers secara virtual dari Kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (15/9).

Jawa Timur dan Sumatera Utara menyumbang wilayah zona merah terbanyak yang bertahan selama tiga pekan terakhir. Kabupaten Banyuwangi, Pasuruan, Kota Pasuruan, dan Kota Malang telah bertahan jadi zona risiko tinggi di Jatim dalam tiga minggu.

Di Sumatera Utara, ada Kota Medan, Kota Sibolga, Kabupaten Deli Serdang, dan Mandailing Natal yang bertahan sebagai zona merah dalam tiga minggu belakangan.

Berikutnya ada Jakarta Barat, Jakarta Timur, dan Jakarta Utara sebagai daerah dengan penularan Covid-19 tinggi di DKI Jakarta. Di Jawa Barat ada Kota Depok dan Bekasi yang bertahan sebagai zona merah hampir sebulan.

Sedangkan Kabupaten Bangli dan Karangasem di Bali bertahan 21 hari sebagai zona risiko penularan tinggi. Sisanya adalah Aceh Besar (Aceh), Kotabaru (Kalimantan Selatan), Kota Batam (Kepulauan Riau), Kota Pekanbaru (Riau), dan Kabupaten Muara Enim (Sumatera Selatan).

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...