RUU Omnibus Law Cipta Kerja Rampung 90% di Tengah Gelombang Protes

Rizky Alika
15 September 2020, 14:07
omnibus law, airlangga, cipta kerja
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/POOL/wsj.
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (tengah) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (20/7/2020). Airlangga menyebut pembahasan omnibus law hingga Selasa (15/9) telah mencapai 90%.

Pembahasan RUU Omnibus Law Cipta Kerja oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan pemerintah terus berlangsung meski menuai protes berbagai pihak. Bahkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan proses pembahasan aturan sapu jagat tersebut sudah mencapai 90%.

Selanjutnya, rancangan aturan tersebut akan memasuki tahap finalisasi, yaitu perancangan hukum (legal drafting) dan harmonisasi pasal-pasal krusial. Pemerintah juga akan melakukan sinkronisasi berbagai pasal.

Advertisement

"Sampai sekarang 90% sudah dibahas, hampir seluruh klaster strategis," kata Airlangga dalam Virtual Sarasehan: 100 Ekonom di CNBC, Selasa (15/9).

Menurutnya, pembahasan tersebut sudah mencakup klaster ketenagakerjaan, pembentukan lembaga Sovereign Wealth Fund (SWF), kepastian hukum, hingga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan koperasi. Airlangga juga mengklaim sejumlah partai politik telah memberi persetujuan.

Adapun, RUU Cipta Kerja memiliki sejumlah klaster, yaitu klaster investasi, perizinan berusaha yang terdiri dari 80 pasal, perizinan lahan teridri dari 19 pasal, serta investasi pemerintah dan Proyek Strategis Nasional (PSN) sebanyak 16 pasal.

Kemudian, ada klaster UMKM dan koperasi yang terdiri dari 15 pasal, kemudahan berusaha 11 pasal, ketenagakerjaan 5 pasal, kawasan ekonomi 4 pasal, pengawasan dan sanksi 3 pasal, serta riset dan inovasi 1 pasal.

Aturan tersebut juga akan mengatasi berbagai masalah, seperti obesitas regulasi antara pemerintah pusat dan daerah. Airlangga mencatat, ada 43.604 regulasi di tingkat pusat dan daerah saling bertindihan.

Selanjutnya, RUU Cipta Kerja akan memberikan transformasi pada perizinan dan kemudahan berusaha. Pemerintah menilai, perizinan usaha saat ini masih rumit dan tumpang tindih.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement