Peringatan Satgas di Balik Terungkapnya Para Pejabat Positif Covid-19

Ameidyo Daud Nasution
17 September 2020, 20:47
covid-19, virus corona, pejabat
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito berpose usai memberikan keterangan di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/7/2020). Pemerintah resmi menunjuk Wiku Adisasmito menjadi juru bicara pemerintah menggantikan Achmad Yurianto.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mengomentari munculnya kasus positif corona di antara pejabat RI. Mereka menyatakan bahwa masyarakat berhak tahu adanya pemangku kebijakan yang bisa terinfeksi SARS-CoV-2.

Beberapa pejabat yang sempat dan masih dirawat karena positif corona adalah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, serta Bupati Karawang Celica Nurrachadiana.

Advertisement

Selain itu ada pula pejabat yang meninggal usai terinfeksi Covid-19 seperti Wali Kota Tanjungpinang Syahrul, Wali Kota Banjar Baru Nadjmi Adhani, hingga Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah.

Juru Bicara Satgas Wiku Adisasmito meminta publik tak memberikan stigma negatif lantaran Covid-19 dapat menyerang siapa saja.Namun dia juga mengingatkan agar pejabat dan pimpinan kantor dapat melindungi koleganya agar tidak jatuh korban lebih banyak lagi.

“Karena bergantung pada kita semua untuk menjalankan protokol kesehatan,” kata Wiku, Kamis (17/9) dilansir dari Antara.

Wiku juga menganggap kabar beberapa pejabat yang positif terkena corona merupakan bentuk transparansi kepada masyarakat. “Publik juga harus mengetahui dari pemberitaan bahwa banyak pejabat yang terkonfirmasi positif,” kata

Wiku menjelaskan masih banyak kasus positif Covid-19 di perkantoran terutama pada instansi pemerintah. Hal ini menurutnya harus jadi perhatian bersama untuk mencegah penularan lebih banyak. “Karena jumlah klaster perkantoran semakin lama meningkat,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement