Gandeng Swasta-RSPP, Dewan Pers Gelar Tes Corona ke 100 Pekerja Media

Ameidyo Daud Nasution
28 September 2020, 13:48
media, virus corona, dewan pers
ADI MAULANA IBRAHIM|KATADATA
Petugas medis melakukan tes Swab COVID-19 kepada penumpang KRL Commuter Line di Stasiun Bojong Gede, Bogor, Jawa Barat, Senin (11/5). Tes swab tersebut dilakukan kepada 200 calon penumpang KRL secara acak sebagai salah satu langkah untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran virus COVID-19 di transportasi umum.

Dewan Pers bersama Lippo Karawaci dan Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) menggelar tes usap polymerase chain reaction (PCR) keapda 100 wartawan dan pekerja media. Pengujian dilakukan di Hall Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Senin (28/9).

Ketua Komisi Kerja Sama dan Hubungan Antar Lembaga Dewan Pers Agus Sudibyo mengatakan tes dilakukan lantaran wartawan menjadi salah satu profesi yang berada di garis depan penanganan corona.

Advertisement

“Dalam melindungi dan meringankan beban wartawan, Dewan Pers akan berusaha melaksanakan tes swab polymerase chain reaction (PCR) untuk karyawan,” kata Agus Sudibyo dalam keterangan tertulis, Senin (28/9).

Chief Executive Officer  (CEO) Lippo Karawaci John Riady mengatakan dukungan ini diberikan bagi perlindungan terhadap peran media guna menyampaikan informasi publik terkait Covid-19.

“Kami berterima kasih kepada seluruh wartawan di Indonesia atas dedikasi dan kontribusinya di masa sulit ini,” kata John.

Sedangkan Direktur RSPP Dr Syamsul Bahri mengatakan langkah ini dilakukan sebagai antisipasi munculnya orang tanpa gejala (OTG) Covid-19. Selain PCR, RSPP juga menyiapkan fasilitas perawatan khusus pasien corona di Simprug, Jakarta Selatan.

“Pekerja media merupakan profesi yang rentan, untuk itu kami melakukan pemeriksaan swab PCR,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement