Permintaan Ambulans Meningkat, Penjualan Toyota HiAce Naik 166%

Rizky Alika
29 September 2020, 15:05
virus corona, ambulans, toyota
ANTARA FOTO/HO
Pengunjung antusias memperhatikan New Hiace Luxury yang merupakan varian terbaru dari Toyota New Hiace yang ditampilkan PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada GIIAS 2017, di ICE BSD City, Serpong, Banten, Rabu (16/8). Kehadiran New Hiace Luxury diharapkan makin menunjang kegiatan usaha pelanggan terutama yang bergerak di sektor transportasi dan pariwisata yang kian berkembang.

Pandemi Covid-19 turut mengubah permintaan pada produk otomotif pabrikan Jepang yakni Toyota. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan pemesanan Toyota HiAce ternyata mengalami peningkatan seiring naiknya permintaan ambulans.

Ia mengatakan, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) Toyota HiAce pada September ini mencapai 800 unit. Jumlah tersebut meningkat 166% dibandingkan rata-rata permintaan HiAce pada masa sebelum pandemi, yaitu 300 SPK per bulan.

Advertisement

Dari 800 SPK pada bulan ini, sebagian di antaranya merupakan pesanan dari rumah sakit untuk penggunaan ambulans. "Ini cukup tinggi peningkatannya di beberapa bulan ini," kata Anton dalam Workshop for Automotive & Industry Journalist, Selasa (29/9).

Anton juga mengatakan penjualan Toyota Hilux pada September ini telah melebihi 460 unit, melewati target Toyota yakni 300 unit. Hal ini disebutnya tanda perbaikan lantaran penjualan kendaraan niaga sempat menurun pada Apri dan Mei lalu.

Penjualan ritel Toyota pada April dan Mei lalu akibat pembatasan guna memutus rantai pandemi Covid-19. Pada April, penjualan ritel Toyota mencapai 8.443 unit atau turun 52,5% dari bulan sebelumnya sebanyak 17.787 unit.

Angkanya semakin menurun pada Mei menjadi 6.727 unit. Namun, penjualan kembali meningkat pada Juni menjadi 11.196 unit. Selanjutnya, penjualan ritel pada Juli dan Agustus secara berturut-turut mencapai 11.531 unit dan 11.057 unit. "Mudah-mudahan ini indikasai peningkatan ekonomi," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement