Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung 26 Kilometer, Terpanjang di Sulawesi

Rizky Alika
Oleh Rizky Alika - Antara
29 September 2020, 17:24
tol, jokowi, manado-bitung
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/hp.
Kendaraan melintasi jalan tol Manado-Bitung, Airmadidi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Senin (6/7/2020). Jalan tol ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di jalur utama serta memangkas waktu perjalanan dari Manado-Bitung, yang sebelumnya diperlukan waktu 1-1,5 jam menjadi 40-50 menit. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan ruas tol sepanjang 39 kilometer (km) ini dapat beroperasi pada Juli 2020.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (29/2). Ruas tol sepanjang 26 kilometer ini merupakan yang terpanjang di Sulawesi.

Sebelumnya predikat jalan bebas hambatan terpanjang di Sulawesi dipegang oleh Tol Makassar-Bandara Sultan Hasanuddin sepanjang 11,5 kilometer di Sulawesi Selatan. Jika rampung secara penuh, maka panjang tol Manado-Bitung mencapai 40 kilometer.

“Sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat," kata Jokowi dalam peresmian Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu yang diikuti secara virtual dari istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (29/9).

Rencananya, seluruh jalan tol Manado-Bitung sepanjang 40 km dapat dioeprasikan pada Juni 2021. Jokowi berharap potensi ekonomi Sulawesi Utara seperti pertanian, perkebunan, dan pariwisata dapat tergali maksimal. "Perkembangan sektor-sektor itu butuh dukungan infrastruktur, termasuk jalan tol," ujar dia.

Jalan tol Manado-Bitung juga dirancang terintegrasi dengan kawasan industri dan kawasan pariwisata di Sulawesi Utara. Dengan demikian, biaya logistik indusri diharapkan semakin efisen sehingga ada peningkatan daya saing.

Di sisi lain, jalan tol tersebut dapat menjadi momentum untuk mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. Jokowi meminta Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk menarik investasi lebih banyak ke KEK tersebut.

Tak hanya itu, tol ini juga dapat mempermudah jangkauan menuju kawasan pariwisata Manado-Bitung-Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh. Oleh karenanya, 

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...