Jokowi Resmikan Tol Manado-Bitung 26 Kilometer, Terpanjang di Sulawesi

Dengan adanya tol, Jokowi berharap pariwisata di Sulawesi Utara bisa berkembang usai pandemi Covid-19.
Image title
29 September 2020, 17:24
tol, jokowi, manado-bitung
ANTARA FOTO/Adwit B Pramono/hp.
Kendaraan melintasi jalan tol Manado-Bitung, Airmadidi, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Senin (6/7/2020). Jalan tol ini diharapkan dapat mengurai kemacetan di jalur utama serta memangkas waktu perjalanan dari Manado-Bitung, yang sebelumnya diperlukan waktu 1-1,5 jam menjadi 40-50 menit. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan ruas tol sepanjang 39 kilometer (km) ini dapat beroperasi pada Juli 2020.

Presiden Joko Widodo telah meresmikan jalan tol Manado-Bitung ruas Manado-Danowudu secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (29/2). Ruas tol sepanjang 26 kilometer ini merupakan yang terpanjang di Sulawesi.

Sebelumnya predikat jalan bebas hambatan terpanjang di Sulawesi dipegang oleh Tol Makassar-Bandara Sultan Hasanuddin sepanjang 11,5 kilometer di Sulawesi Selatan. Jika rampung secara penuh, maka panjang tol Manado-Bitung mencapai 40 kilometer.

“Sudah bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha dan memudahkan transportasi masyarakat," kata Jokowi dalam peresmian Tol Manado-Bitung Ruas Manado-Danowudu yang diikuti secara virtual dari istana Kepresidenan, Bogor, Selasa (29/9).

Rencananya, seluruh jalan tol Manado-Bitung sepanjang 40 km dapat dioeprasikan pada Juni 2021. Jokowi berharap potensi ekonomi Sulawesi Utara seperti pertanian, perkebunan, dan pariwisata dapat tergali maksimal. "Perkembangan sektor-sektor itu butuh dukungan infrastruktur, termasuk jalan tol," ujar dia.

Jalan tol Manado-Bitung juga dirancang terintegrasi dengan kawasan industri dan kawasan pariwisata di Sulawesi Utara. Dengan demikian, biaya logistik indusri diharapkan semakin efisen sehingga ada peningkatan daya saing.

Di sisi lain, jalan tol tersebut dapat menjadi momentum untuk mengembangkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung. Jokowi meminta Gubernur Sulut Olly Dondokambey untuk menarik investasi lebih banyak ke KEK tersebut.

Tak hanya itu, tol ini juga dapat mempermudah jangkauan menuju kawasan pariwisata Manado-Bitung-Likupang, termasuk akses ke Pulau Lembeh. Oleh karenanya, 

"Dengan demikian investasi lebih banyak datang. Usaha baru tumbuh banyak dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat," kata dia.

Total investasi tol Manado-Bitung mencapai Rp 5,12 triliun dengan skema Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). Pembangunan ruas jalan tol Manado-Airmadidi sepanjang 15 km menggunakan dana APBN. Sementara, pembangunan ruas Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km dilakukan oleh PT Jasa Marga (Persero).

Ini berarti sudah dua ruas tol yang diresmikan Jokowi secara virtual. Pekan lalu, mantan Wali Kota Solo itu meresmikan Tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer.

Sama seperti hari ini, Jokowi hadir secara virtual dari Istana Bogor. Sedangkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljomo dan kepala daerah datang langsung ke lokasi.

 

 

 

Reporter: Rizky Alika

Video Pilihan

Artikel Terkait