Jokowi Peringatkan Pedagang Kaki Lima Agar Patuh Protokol Kesehatan

Ameidyo Daud Nasution
29 September 2020, 18:09
Jokowi Wanti-wanti Pedagang Terapkan Protokol Kesehatan
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/aww.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kanan) dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas (kiri) meninjau layanan kependudukan di Pasar Pelayanan Publik Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (25/6/2020). Kunjungan kerja kepresidenan di masa adaptasi kebiasaan baru itu untuk meninjau kesiapan pelayanan publik dan sektor pariwisata.

Presiden Joko Widodo mengundang sejumlah pedagang ke Istana Kepresidenan Bogor pada Selasa (29/9) untuk memberikan bantuan modal kerja. Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memberi sejumlah pesan, salah satunya tertib menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

Presiden mengingatkan pedagang tertib menjalankan 3M atau mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Penggunaan masker disebutnya sangat penting, terutama bagi pedagang yang berjualan makanan.

Advertisement

Mantan Walikota Solo itu juga meminta para pedagang untuk sebisa mungkin tidak bersentuhan dengan orang lain. "Kalau tidak, aduh, namanya pandemi," ujar dia, saat berbincang dengan salah satu pedagang kaki lima di Bogor, Selasa (29/9).

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi juga berbincang dengan salah seorang pedagang cakue dan odading bernama Aman Nurmansyah. Pedagang yang biasa mangkal di Jalan Pajajaran, Bogor, ini mengatakan selalu berjualan dengan menggunakan masker dan mencuci tangan.

"Kami juga sering diingatkan pembeli untuk pakai masker. Saya salah satu orang yang taat pakai walau agak pengap," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga memberikan bantuan modal kerja sebesar Rp 2,4 juta untuk setiap pedagang. Para pedagang yang hadir dan mendapatkan bantuan meliputi pedagang rumahan, kaki lima, asongan, pasar, hingga penjual makanan di kantin sekolah.

Jokowi pun berpesan, bantuan modal kerja tersebut digunakan untuk memperluas usaha para pedagang serta tidak digunakan untuk belanja yang sifatnya konsumtif. “Dalam kondisi ini jangan sampai usaha bapak ibu sampai tutup karena membangunnya sulit,” kata Presiden.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement