Pemerintah Mulai Vaksinasi Corona 9,1 Juta Penduduk Bulan Depan

Ameidyo Daud Nasution
19 Oktober 2020, 15:26
Ilustrasi Vaksin
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.

Pemerintah akan melakukan vaksinasi pada 9,1 juta orang berisiko tinggi Covid-19 pada mulai akhir November 2020. Hal ini setelah tiga produsen Tiongkok yakni Sinovac, Sinopharm, dan Cansino memberikan komitmen untuk memasok vaksin ke RI.

Kelompok berisiko pertama adalah tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan dan laboratorium pemeriksaan SARS-CoV-2. Grup kedua adalah petugas pelayanan publik, aparat TNI-Polri, dan Satuan Polisi Pamong Praja.

"Sinovac telah berkomitmen untuk memberikan kesempatan Indonesia membeli vaksin dalam dua kali pengiriman. Rencana awal di bulan November 1,5 juta (dosis), dan Desember 1,5 juta (dosis) vaksin," kata Direktur Jenderal Pencegahan dan pengendalian Penyakit (P2P) Achmad Yurianto di Jakarta, Senin (19/10).

Vaksin akan tersedia setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) serta Majelis Ulama Indonesia memeriksa keamanan dan kehalalan vaksin. Saat ini dua lembaga tersebut sedang berada di Tiongkok untuk untuk memastikan keamanan dan kehalalannya.

Vaksin Sinovac akan diberikan dua dosis pada satu orang dengan jeda 14 hari. Sedangkan pasokannya sebanyak tiga juta dosis bagi  1,5 juta penduduk RI.

Sedangkan Sinopharm akan mengirim 15 juta dosis vaksin untuk 7,5 juta orang. Adapun Cansino menyiapkan 100 ribu dosis vaksin untuk imunisasi pada 100 ribu penduduk.

Selain 9,1 juta kelompok berisiko tinggi, Pemerintah juga menyiapkan pelayanan warga yang ingin menjalani vaksinasi dengan biaya sendiri. “Kami siapkan ruang bagi yang mampu,” kata Yurianto.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...