Banyak Korporasi Besar Berlomba Bidik Proyek Pelabuhan Patimban

Ameidyo Daud Nasution
20 Oktober 2020, 10:43
pelabuhan patimban, infrastruktur, jababeka
ANTARA FOTO/Muhamad Ibnu Chazar
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau Pelabuhan Patimban.

Jumlah korporasi yang ikut dalam prakualifikasi lelang operator Pelabuhan Patimban bertambah. Konsorsium PT Jababeka Tbk dan PT Samudera Indonesia Tangguh (SIT) telah menyampaikan dokumen lelang kepada Kementerian Perhubungan pada 15 Oktober lalu.

Jababeka beralasan dari segi lokasi, Patimban lebih dekat dengan pusat produksi dan kawasan industri mereka yang berada di Cikarang, Jawa Barat. Dengan masuk ke Patimban, Jababeka berharap biaya logistik maupun ekspor mampu ditekan.

Advertisement

“Kami menyambut baik kerja sama dan sinergi dengan Samudera Indonesia yang memiliki pengalaman bisnis logistik dan terminal operator,” kata Direktur Utama Jababeka Budianto Liman dalam keterangan tertulis seperti dikutip Selasa (23/10).

Surat undangan lelang telah disampaikan Kemenhub kepada pihak swasta pada 30 September lalu. Pada tanggal, 12 Oktober 2020, Samudera Indonesia lalu menggandeng Jababeka untuk membentuk konsorsium demi mengikuti proses tender.

“Kami akan memperlajari ketentuan lebih detail jika lolos prakualifikasi dengan tetap memperhatikan kepatuhan terutama pada kontrak global bond dan peraturan pasar modal,” kata Budianto.

Selain Jababeka-Samudera, beberapa korporasi juga sedang membidik pelabuhan ini. Beberapa perusahaan tersebut antara lain PT CT Corp Infrastruktur Indonesia, PT Indika Logistik Support Services, PT Waskita Karya Infrastruktur, hingga PT Pelayaran Tempuran Emas (Temas) Tbk.

Selain itu ada Hasnur Group, PT UC Services, PT Kaltim Kariangau Terminal, dan PT Wahyusamudra Indah, "Itu data dari dokumen per 13 Oktober, ini memang untuk swasta," kata Ketua Umum Asosiasi Badan Usaha Pelabuhan Indonesia (Abupi) Aulia Febrial Fatwa kepada Katadata.co.id, Selasa (20/10).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement