Jejak Kedekatan Jokowi-Abu Dhabi hingga Diabadikan Jadi Nama Jalan

Ameidyo Daud Nasution
20 Oktober 2020, 12:15
jokowi, abu dhabi, jalan jokowi
Katadata
Presiden Joko Widodo diabadikan sebagai nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (Foto: Instagram Presiden Jokowi).

Pemerintah Uni Emirat Arab (UEA) mengabadikan nama Presiden Joko Widodo sebagai sebuah jalan di Abu Dhabi. Jalan tersebut membelah kawasan Abu Dhabi National Exhibition Center dengan area diplomatik.

Jokowi juga mengunggah pengumuman ini lewat akun Instagramnya, Selasa (20/10). Dia mengatakan hal ini sebagai gambaran persahabatan yang kuat antara Indonesia dan UEA.

Advertisement

“Tersimpan harapan semoga hubungan kedua negara semakin kokoh, saling menguatkan, dan bermanfaat,” kata Jokowi dalam unggahan akun Instagramnya, Selasa (20/10).

Hubungan antara Indonesia dan Abu Dhabi memang terbangun erat selama beberapa tahun belakangan. Pada 2016, Jokowi mengunjungi kota tersebut dan sempat blusukan di Supermarket Lulu yang akhirnya membuka cabang di Cakung, Jakarta Timur. 

Pertengahan 2019, Jokowi menerima kedatangan putra mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan di Istana Bogor. Saat itu Jokowi bahkan menjemput Sheikh Mohamed hingga tangga pesawat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Pada Januari 2020, Presiden sempat berkunjung ke negara tersebut dan menyaksikan kerja sama bilateral senilai lebih dari US$ 22,89 miliar atau Rp 319,9 triliun. Tak hanya itu, Presiden meminta Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan sebagai Ketud Dewan Pengarah Pembangunan Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement