Lestarikan Lingkungan, Doni Monardo dapat Gelar Doktor Kehormatan IPB

Ameidyo Daud Nasution
22 Oktober 2020, 18:31
doni monardo, bnpb, IPB
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/wsj.
Kepala BNPB selaku Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo (tengah) bersiap mengikuti rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (13/7/2020). Rapat kerja tersebut membahas evaluasi kinerja dan anggaran program penangulangan COVID-19.

Rapat Pleno Senat Akademik Institut Pertanian Bogor (IPB) pada Selasa (20/10) menyetujui pemberian gelar Doktor Honoris Causa kepada Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo.

Doni mendapatkan gelar tersebut lantaran dianggap berkontribusi terhadap pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan. Dalam penugasannya sebagai Danrem 061/Surya Kencana Bogor hingga Kepala BNPB, ia dianggap berperan dalam mengembalikan kualitas lingkungan hidup.

“Pengabdian beliau bagi kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, pendidikan, dan pembangunan pertanian akan menjadi inspirasi kita,” kata Rektor IPB Prof. Arif Satria dalam keterangan tertulis dikutip Kamis (22/10).

IPB menyoroti lima aksi Doni yang dinilai luar biasa. Pertama, membangkitkan kepedulian lingkungan dan memberi pelatihan. Kedua, memobilisasi sumber daya dan membangun jejaring kerja.

Ketiga, memulihkan dan merehabilitasi keanekaragaman hayati spesies serta ekosistem. Keempat, membangun kolaborasi dalam penegakkan hukum. Sedangkan kelima adalah mengadvokasi kebijakan lingkungan.

“Seluruh kegiatan tersebut berjalan berkesinambungan karena adanya kepemimpinan lingkungan yang kuat pada Letjen Doni Monardo,” bunyi keterangan IPB.

Doni memang dikenal sebagai jenderal yang akrab dengan isu lingkungan. Ketika menjabat sebagai Kostrad di Sulawesi Selatan, ia melakukan upaya penghijauan di sejumlah lahan tandus di provinsi tersebut, termasuk di kawasan Bandar Udara Hasanuddin, Makassar.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...