Pemilik Samsung dan Konglomerat Terkaya Korsel Lee Kun-hee Wafat

Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2020, 11:22
samsung, meninggal dunia, bos samsung
KATADATA/
Bos besar Samsung Lee Kun-hee yakni Lee Kun-hee meninggal dunia pada usia 78 tahun, Minggu (25/10).

Kabar duka datang dari salah satu perusahaan elektronik terbesar dunia yakni Samsung Group. Sang bos besar yakni Lee Kun-hee meninggal dunia pada usia 78 tahun, Minggu (25/10).

Dari keterangan Samsung, seluruh anggota Lee berada di sisinya ketika dia mengembuskan napas terkahirnya. Meski demikian, tak ada penjelasan penyebab meninggalnya sang konglomerat. Namun pada 2014 ia pernah mejalani operasi usai terkena serangan jantung. 

Advertisement

"Pimpinan Lee adalah seorang visioner sejati yang mengubah Samsung menjadi inovator terkemuka dunia dan pembangkit tenaga industri dari bisnis lokal, Warisannya akan abadi.” Bunyi keterangan resmi Samsung dikutip dari Bloomberg, Minggu (25/10).

Di bawah kepemimpinan Lee, Samsung menjelma menjadi raksasa elektronik dunia mengalahkan pesaingnya semodel Sony, Sharp, hingga Panasonic. Tak hanya itu, Samsung juga mengalahkan Nokia dan Apple dalam penjualan ponsel.

Dari bisnis raksasanya itu, Lee mengantongi kekayaan US$ 20,9 miliar atau setara Rp 308 triliun. Total hartanya itu menjadikannya orang paling kaya di Korea Selatan.

Lee sendiri merupakan generasi kedua keluarga pengusaha. Lahir di Daegu pada 9 Januari 1942, dia menghabiskan masa mudanya dengan menonton film, gulat, dan bermain rugby di sekolah menengah.

Ia lalu disekolahkan ayahnya, Lee Byung-chull ke Fakultas Ekonomi Universitas Waseda, Jepang dan George Washington University, Amerika Serikat. Pada 1971, sang ayah menunjuk Lee sebagai suksesornya.

Tiga tahun kemudian, Samsung mulai bergerak di bisnis semikonduktor usai mengakuisisi 50% saham Hankook Semiconductors. Pelan-pelan, usaha ini membuahkan hasil seiring kemajuan teknologi elektronik.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement