Perpanjang PSBB Transisi, Anies Minta Warga Jakarta Tertib Jalankan 3M

Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2020, 19:11
anies baswedan, virus corona, jakarta
Facebook.com/Aniesbaswedan
Anies Baswedan bersama jajaran Satpol PP inspeksi protokol kesehatan PSBB Transisi di beberapa kawasan usaha restoran.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali memperpanjang pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi selama 14 hari hingga 8 November mendatang. Perpanjangan ini diatur dalam Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 1.020 Tahun 2020.

Keputusan ini diambil lantaran pergerakan Covid-19 di Ibu Kota selama dua pekan relatif menurun. Rata-rata kasus positif dalam sepekan terakhir mencapai 9,9% dan rasio tes penduduk 5,8 per 1.000 penduduk.

Advertisement

Dari data Kementerian Kesehatan, lonjakan kasus Covid-19 di DKI Jakarta tercatat mencapai 1.211 orang. Sedangkan angka tersebut menurun pada 24 Oktober yakni 1.062 kasus.

Meski demikian, Anies meminta masyarakat tetap berperan aktif dalam memutus rantai penularan corona. Caranya dengan menerapkan 3M yakni mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Pemprov dapat menerapkan rem darurat apabila terjadi penularan yang mengkhawatirkan,” kata Anies dalam keterangan tertulis Minggu (25/10).

Ini lantaran berdasarkan hasil pengamatan perilau 3M yang dilakukan tim FKM dari UNICEF di Jakarta, sempat ada penurunan tren kepatuhan memakai masker dari 75% pada 12 Oktober menjadi 71% pada 24 Oktober.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement