Survei Indikator: Elektabilitas Ganjar-Prabowo Naik, Anies-Sandi Turun

Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2020, 20:32
survei, ganjar pranowo, prabowo
ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (kiri) berbincang dengan pelaku usaha produk pertanian dan perikanan pada Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (Pepda KTNA) Jawa Tengah di Taman Tekhnologi Pertanian (TTP) Desa Kesuben, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Selasa (12/11/2019). Pepda KTNA tersebut untuk memperkuat kepemimpinan agribisnis di tingkat petani nelayan.

Indikator Politik Indonesia mengeluarkan hasil survei terbaru mereka yang bertajuk 'Politik, Demokrasi, dan Pilkada di Era Pandemi'. Dari hasil uji persepsi mereka, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto terus bergerak naik seandainya Pemilihan Presiden digelar saat ini.

Survei dilakukan dengan metode simple random sampling kepada 1.200 responden pada 24 sampai 30 September 2020. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan (margin of error) 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Advertisement

Elektabilitas Ganjar berada di peringkat pertama pada survei September yakni 18,7% dan terus merangkak dari Juli yaitu 16,2%. Begitu pula Prabowo yang menguntit di belakangnya juga meningkat dari 13,8% pada Juli 2020 menjadi 16,8% September lalu.

Sedangkan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menurun dari 15% Juli menjadi 14,4% bulan lalu. Hal yang sama juga terjadi pada Sandiaga Uno yang keterpilihannya turun dari 9,2% pada Juli menjadi 8,8% pada September.

“Masih konsisten, September Ganjar Prabowo naik, Anies dan Sandi stagnan,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers virtual, Minggu (25/10).

Di bawah mereka, ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang dipilih 7,6% responden, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 4,2%, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yakni 4%.

Di posisi tujuh ada nama mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan elektabilitas 1,4%, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD 1,3%, dan Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yakni 1,2%.

Dari pilihan partai politik, PDI Perjuangan masih dipilih responden terbanyak yakni 25,2%. Meski demikian angka elektabilitas September ini turun dari Juli yaitu sebanyak 26,3%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement