Jokowi Lantik 12 Dubes RI, Termasuk Politikus PDIP dan Golkar

Rizky Alika
26 Oktober 2020, 11:36
duta besar, jokowi, partai politik
ANTARA FOTO/Pool/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Presiden Joko Widodo memimpin upacara penyerahan surat-surat kepercayaan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) negara sahabat untuk Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/6/2020). Presiden menerima tujuh Duta Besar LBBP negara-negara sahabat untuk Indonesia dalam upacara tersebut.

Presiden Joko Widodo melantik 12 Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia (Dubes LBBP RI) di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/10). Beberapa nama Dubes baru diisi politikus dari partai politik pendukung pemerintah. 

Beberapa nama tersebut adalah politikus Partai Golkar Roem Kono sebagai Dubes RI untuk Bosnia dan Herzegovina dan politikus PDI Perjuangan Heri Akhmadi yang dilantik menjadi Dubes RI untuk Jepang.

Advertisement

Heri pernah menjabat sebagai anggota komisi pertahanan dan pendidikan di Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sedangkan Roem pernah menduduki posisi Wakil Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar 2009-2013.

Selain itu ada nama politikus Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang juga Direktur PT Indowana Baramaining Coal Iwan Bogananta yang menjadi Dubes RI untuk Bulgaria merangkap Albania dan Makedonia Utara. 

Nama lainnya adalah Komisaris Utama PT PPI (Persero) Luthfi Rauf yang menjadi Dubes RI untuk Mesir. Sedangkan mantan Dubes RI untuk Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) Desra Percaya dilantik sebagai Dubes RI untuk Inggris.

"Saya untuk diangkat menjadi Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh, akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Jokowi saat melakukan pelantikan, diikuti sumpah oleh para Dubes.

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 106/P Tahun 2020 tentang Pengangkatan Dubes LBBP RI. Keputusan tersebut ditetapkan di Jakarta, pada 19 Oktober.

Berikut 12 Dubes yang dilantik oleh Jokowi:

1. Dindin Wahyudin, Dubes LBBP RI untuk Republik Senegal merangkap Republik Cabo Verde, Republik Gambia, Republik Guinea, Republik Guinea-Bissau, Republik Mali, Republik Pantai Gading, Republik Sierra Leone, berkedudukan di Dakar.

2. Roem Kono, Dubes LBBP RI untuk Bosnia dan Herzegovina, berkedudukan di Sarajevo.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement