Jokowi Siapkan Daerah di Sumut Sebagai Lumbung Kentang dan Bawang

Rizky Alika
27 Oktober 2020, 15:07
food estate, pangan, jokowi
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/aww.
Presiden Joko Widodo meninjau lahan yang akan dijadikan "Food Estate" atau lumbung pangan baru di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020). Pemerintah menyiapkan lumbung pangan nasional untuk mengantisipasi krisis pangan dunia.

Presiden Joko Widodo hari ini mengunjungi lumbung pangan (food estate) di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Kawasan tersebut rencananya akan ditanami komoditas hortikultura seperti bawang merah, bawang putih, dan kentang.

Food estate itu merupakan program lanjutan dari program serupa yang dikembangkan di Kalimantan Tengah. Jokowi mengatakan, hasil panen komoditas tersebut dapat dilihat dalam waktu dekat. "Akan kami lihat hasilnya kira-kira nanti 2 bulan sampai 2,5 bulan," kata Jokowi di Sumatera Utara, Selasa (27/10) dalam siaran virtual Sekretariat Presiden.

Advertisement

Setelah Kalteng dan Sumut, konsep lumbung pangan tersebut akan menjadi percontohan bagi provinsi lain. Food estate Kalteng dibangun untuk komoditas padi dan singkong. Sementara, Humbang Hasundutan ditanami komoditas hortikultura.

Luas lahan yang akan ditanami mencapai 30 ribu hektar. Adapun, food estate tersebut juga akan beririsan dengan kabupaten lain yakni, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, dan Pakpak Barat.

Mantan Wali Kota Solo itu juga tengah menyiapkan model dan proses bisnis berbasis pangan yang akan dibangun di wilayah tersebut. "Hitung-hitungannya sudah ada," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement