Satgas Imbau Warga Berlibur di Rumah Meski Zona Merah Corona Berkurang

Jumlah zona merah Covid-19 berkurang jadi 20 pada pekan ini. Satgas meminta daerah tak lengah mencegah penularan.
Image title
27 Oktober 2020, 20:34
virus corona, libur, zona merah
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (27/10/2020). Menjelang cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, ruas jalan Tol Jagorawi terpantau padat karena banyaknya warga yang berlibur dan berpergian ke luar kota.

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 merilis data terbaru zonasi Covid-19 di RI. Jumlah zona merah virus corona berkurang dari 32 kabupaten/kotamadya pekan lalu menjadi 20 daerah minggu ini.

Meski demikian, Juru Bicara Satgas Wiku Adisasmito meminta masyarakat tak lengah dan melakukan kegiatan di rumah saat liburan. Hal ini berkaca pada beberapa masa libur sebelumnya yang berdampak pada kenaikan angka Covid-19.

Liburan panjang kerap dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata atau ke kampung halaman untuk bertemu keluarga. Wiku pun mengimbau masyarakat untuk menjauhi tempat yang ramai dikunjungi saat liburan.

“Kami imbau habiskan waktu libur di rumah saja, bila ada kebutuhan mendesak dan mengharuskan perjalanan sangat disarankan lakukan screening sebelum dan sesudah keberangkatan,” kata Wiku Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/10).

 

Beberapa zona merah di antaranya, Jakarta Utara, Kota Depok, Kota Padang, Kota Batam, Kabupaten Semarang, Magelang, Kota Bandar Lampung, dan Kota Sorong.

Sedangkan 360 atau 70% kabupaten/kotamadya saat ini berstatus zona oranye alias risiko sedang.  Angka tersebut meningkat dibandingan pekan sebelumnya sebanyak 344 kabupaten/kota berzona sedang.

Wiku mengatakan daerah yang lengah sewaktu-waktu bisa kembali menjadi zona merah. "Ingat, zona oranye masih berbahaya dan berisiko terjadi peningkatan penularan," katanya.

Kemudian, ada penurunan drastis pada kabupaten/kota yang tidak memiliki kasus baru Covid-19, yaitu dari 12 kabupaten/kota pada pekan lalu menjadi 7 kabupaten/kota minggu ini.

Selanjutnya, ada 4 kabupaten/kota yang sebelumnya tidak ada kasus baru namun menjadi daerah berzona oranye, yaitu Bengkulu Selatan, Tojo Una-Una di Sulawesi Tengah, Pulau Taliabu di Maluku Utara, dan Mamberamo Tengah di Papua.

Kemudian, ada 2 kabupaten/kota yang sebelumnya tidak mencatatkan kasus baru, namun menjadi zona kuning pada pekan ini yaitu Lebong di Bengkulu dan Lingga di Kepri.

Di sisi lain, jumlah kabupaten/kota yang tidak terdampak menurun dari pekan sebelumnya 13 daerah menjadi 12 wilayah. "Satu kabupaten/kota yang sebelumnya tidak ada kasus menjadi ada dan masuk zona kuning yaitu Natuna di Kepulauan Riau," ujar Wiku.

Hari ini, Selasa (27/10), kasus positif Covid-19 bertambah sebanyak 3.520 kasus. Penambahan itu menyebabkan total kasus Covid-19 di Indonesia kini mencapai 396.454 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020.

 

Wiku juga mengimbau masyarakat terus mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Begitu pula saat perayaan Maulid Nabi harus dilakukan dengan protokol yang sama. “Maka Pemda harus memastikan perayaan dilakukan dengan pedoman 3M,” kata Wiku.

Adapun, selama vaksin belum ditemukan, Pemerintah akan terus mengajak masyarakat patuh untuk melaksanakan protokol kesehatan demi memutus rantai penularan corona. Salah satunya dengan kampanye 3M. "Vaksin terbaik yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan," ujar Kepala Satuan Tugas Penanganan covid-19 Doni Monardo dalam konferensi pers secara daring pada Kamis (22/10).

Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Video Pilihan

Artikel Terkait