Satgas Imbau Warga Berlibur di Rumah Meski Zona Merah Corona Berkurang

Rizky Alika
27 Oktober 2020, 20:34
virus corona, libur, zona merah
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/hp.
Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan Tol Jagorawi, Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (27/10/2020). Menjelang cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, ruas jalan Tol Jagorawi terpantau padat karena banyaknya warga yang berlibur dan berpergian ke luar kota.

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 merilis data terbaru zonasi Covid-19 di RI. Jumlah zona merah virus corona berkurang dari 32 kabupaten/kotamadya pekan lalu menjadi 20 daerah minggu ini.

Meski demikian, Juru Bicara Satgas Wiku Adisasmito meminta masyarakat tak lengah dan melakukan kegiatan di rumah saat liburan. Hal ini berkaca pada beberapa masa libur sebelumnya yang berdampak pada kenaikan angka Covid-19.

Advertisement

Liburan panjang kerap dimanfaatkan masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata atau ke kampung halaman untuk bertemu keluarga. Wiku pun mengimbau masyarakat untuk menjauhi tempat yang ramai dikunjungi saat liburan.

“Kami imbau habiskan waktu libur di rumah saja, bila ada kebutuhan mendesak dan mengharuskan perjalanan sangat disarankan lakukan screening sebelum dan sesudah keberangkatan,” kata Wiku Wiku dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (27/10).

Beberapa zona merah di antaranya, Jakarta Utara, Kota Depok, Kota Padang, Kota Batam, Kabupaten Semarang, Magelang, Kota Bandar Lampung, dan Kota Sorong.

Sedangkan 360 atau 70% kabupaten/kotamadya saat ini berstatus zona oranye alias risiko sedang.  Angka tersebut meningkat dibandingan pekan sebelumnya sebanyak 344 kabupaten/kota berzona sedang.

Wiku mengatakan daerah yang lengah sewaktu-waktu bisa kembali menjadi zona merah. "Ingat, zona oranye masih berbahaya dan berisiko terjadi peningkatan penularan," katanya.

Kemudian, ada penurunan drastis pada kabupaten/kota yang tidak memiliki kasus baru Covid-19, yaitu dari 12 kabupaten/kota pada pekan lalu menjadi 7 kabupaten/kota minggu ini.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement