Prabowo Dikabarkan Incar Jet Tempur F-35, AS Malah Tawari F-16

Rizky Alika
3 November 2020, 11:46
pesawat f-35, prabowo, amerika serikat
ANTARA FOTO/REUTERS/U.S. Air Force/R. Nial Bradshaw
T. Jet tempur Angkatan Udara Amerika Serikat F-35A, dari Fighter Wings ke-388 dan ke-428, membentuk "elephant walk" saat latihan di Hill Air Force Base, Utah, Amerika Serikat, Senin (6/1/2020). Foto diambil tanggal 6 Januari 2020.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dikabarkan tengah mengincar jet tempur F-35 saat berkunjung ke Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu. Namun, Duta Besar Indonesia untuk AS Muhammad Lutfi menilai Indonesia belum layak memiliki alutsista tersebut.

Menurutnya, F-35 merupakan pesawat generasi ke-5 atau generasi terbaru dari jet tempur seri F. Sebelum memiliki pesawat tersebut, Indonesia harus terlebih dahulu memiliki pesawat generasi ke-4 dan ke-4,5.

Advertisement

"Untuk mencapai ke F-35 itu, kita harus mempunyai pesawat F-16 blok 72. ini pesawat F-16 termutakhir sebelum bisa mendapatkan pesawat tempur F-35," kata Lutfi dalam konferensi pers secara virtual, Senin (2/11) malam.

Namun menurutnya, Indonesia tidak mungkin menunggu sembilan tahun untuk memperoleh F-35. Dalam kurun waktu tersebut, pesawat tempur itu sudah tidak akan sesuai dengan zaman. 

Oleh karena itu, AS akan memperbaiki penawarannya dengan memberikan pesawat tempur seri F-16 kepada Indonesia dalam waktu dekat. Menurut mantan Menteri Perdagangan tersebut, tawaran AS ini menjadi yang pertama kalinya bagi RI.

Sebelumnya Indonesia telah memiliki pesawat F-16 versi A/B, namun sudah tua lantaran diproduksi pada tahun 1990-an. "Ini mesti diremajakan jadi C/D. Yang mereka tawarkan F-16 V blok 72," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement