Jokowi Puji Sejumlah Inovasi Lawan Covid-19, GeNose Hingga Vaksin

Rizky Alika
10 November 2020, 18:56
jokowi, virus corona, covid-19
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Presiden Joko Widodo bersiap meninjau penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020). Presiden mengecek penyaluran BST kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bogor dan berharap dengan adanya bantuan sosial ini bisa memperkuat daya beli masyarakat hingga nanti konsumsi domestik Indonesia menjadi normal kembali.

Presiden Joko Widodo memuji para inovator yang menembangkan sejumlah karya untuk percepatan penanganan Covid-19. Beberapa di antaranya ialah GeNose hingga vaksin Merah Putih demi mendeteksi dan kekebalan virus corona.

GeNose adalah alat deteksi Covid-19 lewat mulut dan hidung yang dikembangkan Universitas Gadjah Mada (UGM). Sedangkan vaksin Merah Putih dikembangkan enam lembaga penelitian dan perguruan tinggi.

Jokowi mengatakan dengan inovasi, perubahan dapat tercipta dan bisa menjadi modal untuk memenangkan persaingan. Saat ini, seluruh negara pun tengah berlomba-lomba untuk menjadi yang tercepat berinovasi untuk menangani Covid-19. 

Oleh karena itu, berbagai komunitas peneliti terus bekerja untuk menemukan obat dan terapi yang efektif untuk pengobatan virus corona. "Semua ini bukti kita punya talenta hebat yang siap berkarya untuk kemandirian bangsa," ujar Jokowi dalam Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020 secara virtual, Selasa (10/11).

Makanya Jokowi menilai Indonesia membutuhkan lebih banyak inovator di berbagai sektor yang dibutuhkan masyarakat, seperti pangan, energi, kesehatan, manajemen model bisnis, dan digitalpreneur.

Mantan Wali Kota Solo itu menambahkan, inovasi tidak muncul secara tiba-tiba. Untuk mendukung hal itu, perlu ekosistem yang kondusif serta memperkuat kolaborasi para inovator dengan industri dan pemangku kebijakan lain.

"Saya mengajak para inovator memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan negara, berkontribusi bagi kemanusiaan dan kehidupan yang lebih baik," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...