Risiko Pada Jantung, BPOM Cabut Izin Klorokuin Untuk Pengobatan Corona

Ameidyo Daud Nasution
19 November 2020, 20:50
BPOM, klorokuin, virus corona
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras.
Kotak obat klorokuin di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, Sabtu (21/3/2020). BPOM cabut izin darurat penggunaan klorokuin.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mencabut persetujuan klorokuin dan hidroksiklorokuin untuk mengobati pasien virus corona. Ini lantaran dua obat tersebut berisiko terhadap gangguan ritme jantung.

 BPOM telah menerima laporan keamanan dua obat tersebut dari penelitian selama 4 bulan di tujuh rumah sakit yang ada di Indonesia. Dari 213 pasien yang mendapatkan obat malaria ini, 28,2% mengalami gangguan ritme jantung seperti perpanjangan interval QT.

"Dengan demikian, obat yang mengandung hidroksiklorokuin dan klorokuin agar tidak digunakan lagi dalam pengobatan Covid-19,” kata Kepala BPOM Penny Lukito pada konferensi pers, Kamis (19/11) dikutip dari Antara.

BPOM telah memantau obat tersebut bersama tim ahli serta membahasnya dengan Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskulan Indonesia (Perki), Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI), Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesi Indonesia (Perdatin), hingga Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI).

Mereka lalu menarik kesimpulan bahwa risiko yang ditimbulkan klorokuin dan hidroksiklorokuin lebih besar ketimbang manfaatnya. Meski demikian, izin edar hidroksiklorokuin untuk pengobatan selain corona masih tetap berlaku. Sedangkan klorokuin dicabut izin edarnya karena tak digunakan untuk mengobati penyakit lain.

“Kami terus memantau serta berkomunikasi dengan profesi Kesehatan terkait data terkini dan indormasi WHO dan badan otoritas obat negara lain,” kata Penny.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...