Jokowi Minta Satgas & Gubernur Tak Kendur Cegah Gelombang Baru Corona

Rizky Alika
23 November 2020, 12:05
jokowi, 3m, covid-19
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/nz
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat acara penyaluran dana bergulir untuk koperasi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/7/2020). Jokowi meminta gubernur hingga Menteri tak kendurkan upaya cegah gelombang baru Covid-19.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganggap strategi gas dan rem dalam mencegah penularan virus corona mulai berjalan dengan baik. Namun ia tetap memerintahkan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Satgas Covid-19, dan para gubernur agar tidak kendur.

Hal ini agar risiko gelombang kedua penularan Covid-19 di Indonesia tidak muncul. Makanya pencegahan dan intervensi terhadap kegiatan yang berpotensi melanggar protokol kesehatan harus dilakukan.

“Lakukan pencegahan sedini mungkin,” kata Jokowi dalam rapat terbatas Laporan Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/11).

Ia mencatat, rata-rata kasus aktif Covid-19 di Tanah Air mencapai 12,78% pada 22 November. Angka tersebut lebih rendah dari rata-rata kasus aktif virus corona di dunia sebesar 28,41%.

Selain itu, rata-rata kesembuhan pasien Covid-19 di Indonesia dinilai membaik, yaitu 84,03% atau lebih baik dibandingkan angka kesembuhan dunia sebesar 69,2%. "Ini terus kami perbaiki," ujar dia.

Jokowi juga meminta para Menteri untuk mempersiapkan simulasi vaksinasi Covid-19. Persiapan dilakukan dengan percobaan pada distribusi, rantai dingin, hingga proses administrasinya seperti izin Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Tak hanya itu, ia juga meminta laporan mengenai waktu kedatangan vaksin Covid-19 di Tanah Air. "Vaksin sampai di tangan kita kapan, karena prosesnya, seperti proses administrasi dan pembayaran harus sudah dilakukan," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...