KEIN Dibubarkan, Presiden Dinilai Perlu Ide Ekonomi Out of The Box

Image title
30 November 2020, 20:07
KEIN, jokowi, pembubaran lembaga
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi pabrik otomotif. Pengsuaha anggap pembubaran KEIN tak memberikan dampak terhadap industri.

Pengusaha menganggap pembubaran Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) oleh Presiden Joko Widodo tidak mendatangkan dampak pada industri. Pasalnya KEIN hanya bertugas memberikan ide dan terobosan kepada Presiden.

Selain itu lembaga tersebut sebenarnya sudah tak aktif usai periode pertama pemerintahan Jokowi pada 2019 lalu. "Jadi sebenarnya kerja kami ikut Presiden saja," kata Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Industri Johnny Darmawan kepada Katadata.co.id, Senin (30/1).

Advertisement

Lembaga ini sebelumnya dipimpin oleh Soetrisno Bachir dan Arif Budimanta sebagai Wakil Ketua. Sedangkan anggotanya berisi 17 pakar dan pelaku bisnis, termasuk Johnny.

Meski demikian Johnny berpendapat KEIN sebenarnya masih diperlukan dalam memberikan ide ekonomi dan industri. Apalagi menurutnya keanggotaan komite tersebut diisi oleh para pakar yang memahami bidangnya.  "Makanya kami memberikan suatu pemikiran yangg out of the box," ujarnya.

Dengan pembubaran ini, rencananya pendanaan, pegawai, aset maupun arsip KEIN sepenuhnya akan dialihkan ke Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Johnny menilai, pengalihan itu dianggap wajar karena KEIN tidak berdiri sendiri. “Pada dasarnya bujet KEIN itu tidak berdiri sendiri, sehingga wajar dikembalikan ke Kemenko,” ujarnya.

Sementara itu, Pengamat Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira menyambut positif pembubaran KEIN. Selain penghematan anggaran,  hal ini diharapkan bisa meningkatkan efisiensi kerja pemerintah.

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement