DKI Jakarta Sasar Transportasi Ramah Disabilitas Lewat Pendidikan

Image title
1 Desember 2020, 21:00
Jakarta, disabilitas, transportasi
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.
Bus TransJakarta melintas di dekat papan himbauan pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19), di Jakarta, Rabu (1/4/2020). Berdasarkan data Pemerintah hingga Rabu (1/4/2020) pukul 12.00 WIB, jumlah kasus positif COVID-19 di Indonesia mencapai 1.677 orang dengan jumlah pasien sembuh mencapai 103 orang dan kasus meninggal dunia mencapai 157 orang.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta meminta Dinas Pendidikan bersama Dewan Transportasi Kota Jakarta (DTKJ) mengkaji transportasi umum ramah penyandang disabilitas masuk kurikulum pendidikan.

Hal ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat sejak dini soal pentingnya transportasi ramah disabilitas. Selain itu kurikulum ini juga bisa digunakan pada sekolah luar biasa (SLB).

Advertisement

“Kami mengusulkan DTKJ kerja sama dengan dunia Pendidikan mengkaji kemungkinan memasukkan pengertian transportasi umum ramah disabilitas masuk kurikulum sekolah,” kata Deputi Gubernur DKI Jakarta Bidang Transportasi Sunardi M Sinaga dalam sarasehan Transportasi Berkeadilan untuk Disabilitas Selasa, (1/12).

Diharapkan dengan masuk kurikulum, maka akan ada umpan balik dari penyandang disabilitas demi kemajuan transportasi ibu kota. “Tentu akan memudahkan penggunaan transportasi publik lebih mandiri saat usianya bertambah dewasa,” kata Sunardi.

Ia juga meminta DTKJ memetakan lagi fasilitas ramah diisabilitas di tiap titik transportasi umum Jakarta. Hal ini agar mereka mendapatkan pelayanan yang tepat guna. “Jangan sampai tidak ada yang memiliki fasilitas,” katanya.

Anggota Gerakan Aksesbilitas Umum Nasional (GAUN) David Tjahjana mengatakan beberapa fasilitas penunjang masih perlu diperbaiki mengingat jumlah penyandang disabilitas cukup banyak. Apalagi, mobilitas mereka bisa terhanbat jika jumlah pemandu dan alat bantu lainnya tak sebanding.

Halaman:
Reporter: Annisa Rizky Fadila
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement