Survei SMRC: 64% Masyarakat Ingin Pilkada dengan Protokol Ketat

Ameidyo Daud Nasution
6 Desember 2020, 20:37
pilkada, survei, covid-19
ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi/Lmo/aww.
Pekerja melipat surat suara Pilkada Medan di Gudang Logistik KPU Medan, Sumatera Utara, Selasa (17/11/2020). Survei SMRC menyebutkan 64% responden ingin pilkada 2020 berjalan dengan protokol kesehatan ketat,

Pandemi Covid-19 ternyata tak menyurutkan minat masyarakat untuk mengikuti Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) 2020 tanggal 9 Desember mendatang. Survei Saiful Mujani Research and Consulting menemukan bahwa 64% responden ingin Pilkada diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Survei dilakukan lewat wawancara telepon terhadap 1.201 responden dari 270 daerah yang menggelar pilkada. Sedangkan survei yang dilakukan 18 sampai 21 November tersebut memiliki tingkat toleransi keselahan (margin of error) 2,9%.

Advertisement

“Yang menyatakan sebaiknya ditunda hanya 28%,” kata Direktur Lembaga Survei Saiful Mujani Research and Consulting Denny Irvani, Minggu (6/12) dikutip dari Antara

Kekhawatiran akan penularan Covid-19 menjadi faktor utama mereka yang menginginkan Pilkada ditunda. Dari 28% responden yang berharap pesta demokrasi tersebut mundur, 38% beralasan khawatir terkena atau menularkan virus corona.

Survei tersebut juga menemukan responden yang mendukung Pilkada dengan protokol kesehatan ketat semakin bertambah. Dukungan paling tinggi berasal dari warga 40 tahun ke atas yakni 69%. “Paling rendah pada warga 21 tahun ke bawah yaitu 56%,” kata Denny.

Dukungan paling tinggi berasal dari responden Sumatera yakni 79%. Sedangkan hanya 42% warga Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta yang memberikan dukungan Pilkada dengan protokol ketat.

Secara umum, survei SMRC juga menemukan 83% responden di 270 daerah antusias mengikuti Pilkada 2020. Meski demikian, Denny tak yakin angka pemilih dalam hajatan politik tersebut sesuai dengan penjaringan persepsi masyarakat.

Halaman:
Reporter: Antara

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement