Jokowi: Keberhasilan KPK Adalah Mencegah Korupsi Tak Terulang Lagi

Ameidyo Daud Nasution
16 Desember 2020, 14:20
jokowi, korupsi, kpk
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/nz
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat acara penyaluran dana bergulir untuk koperasi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/7/2020). Pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menyiapkan dana bergulir sebesar Rp 1 triliun untuk disalurkan kepada koperasi dalam rangka pemulihan ekonomi nasional yang terdampak COVID-19.

Presiden Joko Widodo mengatakan kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam memberantas rasuah bukan dihitung dari banyaknya kasus yang ditemukan. Keberhasilan KPK adalah bagaimana mencegah korupsi agar tidak terulang lagi.

Ia mengatakan butuh kerja sama seluruh pihak untuk mencegah dan menutup celah korupsi. “Dan perlu tindakan yang adil dan konsisten untuk menindak pelaku pidana korupsi,” kata Jokowi dalam pidato peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, seperti disampaikan dalam siaran pers Sekretariat Presiden, Rabu (16/12).

Dalam pidato berdurasi lima menit tersebut, Jokowi memang banyak menyinggung pencegahan korupsi. Presiden mengatakan pendidikan dan pengembangan budaya antikorupsi harus terus dilakukan untuk melahirkan generasi yang bebas dari korupsi.

“Membangun sistem yang menutup peluang terjadinya tindak pidana korupsi juga merupakan kunci utama,” katanya.

Sedangkan pemerintah akan terus mereformasi perizinan dan layanan publik demi mencegah peluang korupsi. Sektor yang menjadi fokus adalah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). “Prosedur yang rumit akan kami pangkas dan didukung penggunaan teknologi digital,” katanya.

Mantan Wali Kota Solo ini mengatakan pembenahan sistem yang dilakukan memerlukan dukungan pengawasan internal dan eksternal. Selain itu pemberantasan korupsi juga memerlukan penegak hukum yang profesional.

“Namun orientasi dalam pengawasan dan penegakan hukum harus diarahkan untuk perbaikan tata kelola dan pencegahan korupsi,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...