Jokowi Janji Beri Vaksin Covid-19 Gratis untuk Seluruh Masyarakat

Rizky Alika
16 Desember 2020, 14:53
jokowi, vaksin, covid-19
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/aww.
Presiden Joko Widodo bersiap meninjau penyerahan Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/5/2020). Presiden mengecek penyaluran BST kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Bogor dan berharap dengan adanya bantuan sosial ini bisa memperkuat daya beli masyarakat hingga nanti konsumsi domestik Indonesia menjadi normal kembali.

Presiden Joko Widodo memastikan masyarakat tak perlu membayar vaksin Covid-19 yang akan diberikan. Pernyataan ini merespons polemik vaksin berbayar yang ramai belakangan ini.

Jokowi mengatakan dirinya telah menerima masukan masyarakat dan menghitung ulang kebutuhan anggaran vaksinasi gratis.  “Dapat saya sampaikan bahwa vaksin Covid-19 untuk masyarakat adalah gratis,” kata Jokowi dalam siaran Sekretariat Presiden, Rabu (16/12).

Presiden memerintahkan jajaran Kementerian hingga daerah untuk menjadikan vaksinasi ini sebagai prioritas pada 2021. Ia juga meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani merealokasikan anggaran vaksin gratis. “Sehingga tak ada alasan bagi masyarakat untuk tidak mendapatkan vaksin,” kata Presiden.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memastikan dirinya akan menjadi orang yang paling pertama disuntik vaksin Covid-19 ketika izin diberikan. Keputusan ini untuk memberi kepercayaan kepada masyarakat atas keamanan vaksin yang jadi isu belakangan ini.

“Saya ingin menegaskan lagi, nanti saya yang akan divaksin pertama kali,” kata Jokowi.

Terakhir, Presiden mengingatkan masyarakat untuk mematuhi protokol Kesehatan 3M. “Menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan untuk kebaikan kita bersama,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...