Harapan Jokowi Agar Pelabuhan Patimban Bantu Dongkrak Ekspor UMKM

Ameidyo Daud Nasution
20 Desember 2020, 15:49
patimban, jokowi, pelabuhan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Pool/nz
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat acara penyaluran dana bergulir untuk koperasi di Istana Negara, Jakarta, Kamis (23/7/2020). Jokowi meresmikan ekspor perdana 140 mobil dari pelabuhan Patimban, Minggu (20/12).

Presiden Joko Widodo meresmikan operasonal Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat pada hari Minggu (20/12). Aktivitas perdana Pelabuhan tersebut adalah ekspor 140 kendaraan bermerk Toyota, Suzuki, dan Daihatsu menuju Brunei Darussalam.

Dalam sambutannya, Jokowi meminta Pelabuhan Patimban tak hanya mendukung ekspor otomotif, namun produk lain asal Indonesia agar berdaya saing global. Salah satu yang ditekankan Presiden adalah barang yang diproduksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Saya ingatkan, Pelabuhan ini harus mendukung produk lain yang menggerakkan ekonomi seperti UMKM, pertanian, industri kreatif, dan produk lain,” kata Jokowi seperti disiarkan dalam Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (20/12).

Presiden meminta Menteri dan kepala daerah untuk memaksimalkan infrastruktur Pelabuhan yang telah terbangun untuk menggerakkan ekonomi warga. Oleh sebab itu Pelabuhan Patimban harus terkoneksi dengan ekonomi dan industri lokal. “Serta mempercepat layanan logistik dan ekspor agar berdaya saing,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan Pelabuhan Patimban akan berperan penting dalam upaya meningkatkan petumbuhan ekonomi Jawa Barat. Selain itu Pelabuhan ini diharapkan mampu mengurai kepadatan Pelabuhan Tanjung Priok yang berdampak pada kemacetan ruas Jakarta-Bekasi.

“Dengan lokasi strategis Bandara Kertajati dan Kawasan Industri Bekasi, Karawang dan Purwakarta maka pelabuhan ini akan menjadi kunci industri manufaktur,” ujarnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...