Jokowi Umumkan Reshuffle 6 Menteri, Risma dan Sandiaga Masuk Kabinet

Rizky Alika
22 Desember 2020, 16:05
kabinet, reshuffle, menteri
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Pool/wsj.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) memimpin rapat kabinet terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020). Jokowi mengumumkan enam Menteri baru pada Selasa (22/12).

Jokowi akhirnya memperkenalkan Menteri baru pada hari ini. Ada enam Menteri baru yang diumumkan, dua di antaranya adalah saingannya saat Pemilihan Presiden 2019 yakni Sandiaga Uno dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Sandi ditunjuk Presiden sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Wishnutama. Sedangkan Risma menjabat sebagai Menteri Sosial menggantikan Juliari Batubara yang ditetapkan menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Advertisement

“Pelantikan Insya Allah akan dilakukan besok pagi,” kata Jokowi dalam siaran Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (22/12).

Nama ketiga adalah Budi Gunadi Sadikin yang akan menjabat sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Budi sebelumnya adalah Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Selanjutnya, Jokowi menunjuk politisi Partai Kebangkitan Bangsa Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama, menggantikan posisi Fachrul Razi. Ia juga akan menggantikan jatah PKB di Kabinet yang sebelumnya diisi Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Adapun Agus digantikan M. Lutfi yang sebelumnya menjabat sebagai Duta Besar Republik Indonesia untuk Amerika Serikat. Ia pernah menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Selain itu, posisi Menteri Kelautan dan Perikanan kini ditempati oleh Sakti Wahyu Trenggono. Trenggono merupakan wakil Prabowo Subianto di Kementerian Pertahanan dalam susunan Kabinet Kerja.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement