Yaqut Cholil Qoumas, Pimpinan GP Ansor yang Ditunjuk Jokowi jadi Menag

Ameidyo Daud Nasution
22 Desember 2020, 18:48
FOTO ARSIP: Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu (24/10/2018). Presiden Joko Widodo menugaskan Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pd/wsj.
FOTO ARSIP: Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas memberikan keterangan pers di Jakarta, Rabu (24/10/2018). Presiden Joko Widodo menugaskan Yaqut Cholil Qoumas menjadi Menteri Agama.

Presiden Joko Widodo telah menunjuk enam Menteri baru untuk membantunya hingga 2024 mendatang. Salah satu nama yang diumumkan sore ini adalah Yaqut Cholil Qoumas sebaga Menteri Agama menggantikan Fachrul Razi.

Yaqut merupakan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan menjabat sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 2014-2019 dan 2019-2024. Selain itu ia juga menjabat sebagai Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) sekaligus Panglima tertinggi Barisan Ansor Serbaguna (Banser).

Pria yang akrab dipanggil Gus Yaqut ini tumbuh dari keluarga santri Nahdlatul Ulama (NU) dan PKB. Ayahnya, K.H. Muhammad Cholil Bisri adalah salah satu pendiri PKB. Sedangkan kakaknya, Yahya Cholil Staquf adalah Khatib Syuriah Pengurus Besar NU.

Tokoh kelahiran Rembang ini telah aktif berorganisasi di Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) saat berkuliah di Jurusan Sosiologi, Universitas Indonesia pada 1996 hingga 1999.

Usai PKB terbentuk, Yaqut lalu bergabung dan menjadi Ketua Dewan Pengurus Cabang di rembang pada 2001. Tahun 2005, ia menjajal peruntungan dalam politik praktis dan menjadi Anggota DPRD Rembang.

Di tahun yang sama, ia mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati Rembang dan berhasil terpilih mendampingi Mochamad Salim hingga 2010. Tahun 2011, Yaqut mulai bersentuhan dengan GP Ansor hingga pada 2015 menggantikan Nusron Wahid sebagai Ketua Umum Pimpinan Pusat GP Ansor.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...