Gantikan Terawan, Budi Gunadi Janji Bangun Sistem Mumpuni Lawan Corona

Ameidyo Daud Nasution
22 Desember 2020, 21:33
Calon Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.
Muchlis Jr|BPMI Sekretariat Presiden
Calon Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin saat memberi pernyataan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (22/12). Budi mengatakan akan membenahi layanan kesehatan agar kuat menghadapi Covid-19.

Budi Gunadi Sadikin menyampaikan langkah yang akan dilakukan usai ditunjuk Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Kesehatan menggantikan Terawan Agus Putranto. Ia menjanjikan akan membangun sistem layanan kesehatan publik yang kuat dan siap menghadapi Covid-19.

Oleh sebab itu Budi akan menggandeng koleganya sesama pemerintah pusat, daerah, hingga asosiasi demi mengembangkan layanan kesehatan yang mumpuni. Apalagi RI masih berpotensi dilanda pandemi serupa di masa depan.

Advertisement

“Agar generasi setelah kita bisa menghadapi SARS-CoV-3 atau SARS-CoV 4 yang tidak tahu kapan datangnya,” kata Budi di Istana Merdeka, Selasa (22/12).

Budi mengatakan dirinya ditugasi Jokowi untuk mengatasi masalah yang disebabkan Covid-19. Oleh sebab itu ia akan melaksanakan arahan ini agar seluruh kehidupan masyarakat bisa kembali normal.

“Agar anak-anak bisa seolah kembali, pengusaha UMKM bisa membuka toko, dan semua pekerja bisa datang ke kantor memulai hidup normal,” katanya.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri tersebut mengatakan Kemenkes tak bisa menyelesaikan masalah pandemi sendirian. Oleh sebab itu ia berharap program yang dirancang pemerintah bisa menjadi gerakan bersama masyarakat.

“Kemenkes tak mungkin melakukannya secara eksklusif tapi inklusif,” katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement